50 Tenaga Kesehatan di 6 Puskesmas Sukabumi Positif COVID-19

Siti Fatimah - detikNews
Selasa, 15 Feb 2022 11:12 WIB
Jakarta
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono/detikcom).
Sukabumi -

Sebanyak 50 orang tenaga kesehatan yang bekerja di enam puskesmas Kota Sukabumi terkonfirmasi positif COVID-19. Seluruhnya menunjukkan gejala ringan dan sedang melakukan isolasi mandiri.

"Di puskesmas kami pun sudah ada yang positif, ada enam puskesmas yang tenaga kesehatannya positif. Di kita yang jadi karyawan puskesmas ada 486 orang, 50 orang positif (COVID-19) tapi gejalanya ringan," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Kota Sukabumi Wahyu Handriana saat ditemui di kantornya, Selasa (15/2/2022).

Dia mengatakan angka tersebut hampir 10 persen dari total ASN yang bekerja di puskesmas. Adapun sumber penularan seluruh tenaga kesehatan diduga berasal dari kontak pasien positif.

"Karena tenaga kesehatan lebih rentan, sering kontak dengan yang positif. Mereka sekarang sedang melaksanakan isoman, itulah risiko rentannya tenaga kesehatan bekerja pada saat pandemi ini," ujarnya.

Sementara itu, layanan kesehatan di puskesmas dipastikan tetap berjalan. Beberapa layanan kesehatan masyarakat seperti tracing COVID-19, memberikan imunisasi, melakukan pemantauan dan layanan lainnya akan tetap beroperasional 100 persen sebagaimana aturan dalam PPKM Level 2.

"Mereka harus tetap melaksanakan pelayanan minimal, melayani kepada masyarakat, melakukan vaksinasi, memberikan layanan terhadap tracing, nanti diambil alih oleh petugas yang lain. Pada prinsipnya layanan masih berjalan," pungkasnya.

(mso/mso)