Kota Bandung

5 Tuntutan bagi Herry Wirawan Jelang Vonis: Hukuman Mati-Aset Disita

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 15 Feb 2022 09:52 WIB
Bandung -

Sidang vonis bagi Herry Wirawan, terdakwa pemerkosa 13 santriwati, digelar di Pengadilan Negeri (PN) Bandung di Jl LLRE Martadinata, Kota Bandung, Selasa (15/2/2022).

Herry Wirawan memerkosa 13 santriwatinya di Kota Bandung. Kasusnya pun bergulir ke meja persidangan. Jaksa sudah menjatuhkan tuntutan kepada Herry dalam sidang yang digelar Selasa (11/1). Adapun tuntutan jaksa yaitu:

1. Hukuman mati
2. Hukuman pidana tambahan pengumuman identitas dan kebiri kimia
3. Hukuman denda Rp 500 juta dan restitusi kepada korban Rp 331 juta
4. Pembubaran yayasan pesantren termasuk Madani Boarding School
5. Penyitaan aset dan barang bukti untuk dilelang

Jelang detik-detik penentuan itu, ia tiba pada pukul 09.14 WIB. Dia datang menggunakan mobil tahanan Kejaksaan Negeri. Begitu tiba, Herry yang mengenakan kemeja putih dibalut rompi tahanan berwarna merah dan peci warna hitam langsung masuk ke dalam persidangan.

Tak ada sepatah katapun yang diucapkan dari mulut Herry Wirawan saat masuk ke area persidangan. Seperti diketahui, Herry melakukan perbuatan bejat kepada para santriwatinya selama bertahun-tahun, hingga mereka ada yang hamil dan melahirkan.

Dalam fakta persidangan juga terungkap, bahwa Herry menjadikan santriwati dan bayi yang dilahirkannya sebagai alat untuk meraih simpati dan menggalang dana dengan menggunakan bendera Madani Boarding School.

Sebelumnya, pada sidang tuntutan yang digelar pada Selasa (11/1/2022), Herry Wirawan mendapatkan lima tuntutan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU), yang tak lain adalah Kajati Jabar Asep N Mulyana.

(yum/bbn)