SNMPTN 2022 Jabar

Unsil Tasikmalaya Buka Jalur SNMPTN, Cek Kuotanya di Sini

Faizal Amiruddin - detikNews
Senin, 14 Feb 2022 23:01 WIB
Ilustrasi SNMPTN 2022
Foto: Tim Infografis
Tasikmalaya -

Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya mulai membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) tahun 2022.

"Ya SNMPTN Unsil mulai dibuka hari ini, mekanismenya bisa dicek di web LTMPT (lembaga tes masuk perguruan tinggi)," kata Sub Koordinator Bidang Humas Unsil, Dedi Hartadi, Senin (14/2/2022).

Dia mengatakan penerimaan mahasiswa itu sesuai dengan surat keputusan rektor Universitas Siliwangi tentang pola penerimaan dan daya tampung mahasiswa baru universitas Siliwangi tahun akademik 2022/2023.

"Penerimaan itu sesuai SK Rektor Unsil tentang pola penerimaan dan daya tampung mahasiswa baru Universitas Siliwangi tahun akademik 2022/2023," kata Dedi.

Mengenai kuota atau jumlah penerimaan mahasiswa baru, di dalam surat keputusan itu digariskan bahwa jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) sebanyak 20 persen.

Kemudian untuk jalur seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) sebanyak 50 persen dari daya tampung. Sementara jalur yang ketiga, yakni jalur seleksi mandiri sebanyak 30 persen dari daya tampung.

"Urutannya dimulai dari seleksi SNMPTN, SBMPTN kemudian seleksi mandiri. Mengenai daya tampung penerimaan mahasiswa berada di kisaran 3.200 mahasiswa untuk S1," kata Dedi.

Di Unsil sendiri ada 7 fakultas yang mencakup 22 program studi, yakni

1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dengan program studi Pendidikan Masyarakat, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Geografi, Pendidikan Sejarah dan Pendidikan Jasmani.

2. Fakultas Ekonomi, dengan program studi Ekonomi Pembangunan, Manajemen dan Akuntansi.

3. Fakultas Pertanian, dengan program studi Agroteknologi dan Agribisnis

4. Fakultas Teknik, dengan program studi Teknik Sipil, Teknik Elekro dan Informatika

5. Agama Islam dengan program studi Ekonomi Syariah

6. Ilmu Kesehatan, dengan program studi Kesehatan Masyarakat dan Gizi

7. Ilmu Sosial dan Politik, dengan program studi Ilmu Politik

Sementara itu untuk program Pascasarjana dan Diploma (D3), daya tampung Unsil berada di kisaran 300 mahasiswa. Program Pascasarjana meliputi program studi Pendidikan Geografi, Manajemen, Agribisnis, Pendidikan Matematika dan Agroekoteknologi.

Untuk program Diploma (D3) hanya ada satu program studi yaitu Perbankan dan Keuangan.

(yum/yum)