Soal Kerumunan Pasar Tumpah GBLA, Begini Respons Plt Walkot Bandung

Rifat Alhamidi - detikNews
Senin, 14 Feb 2022 16:00 WIB
Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana
Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana (Foto: Rifat Alhamidi/detikcom).
Bandung -

Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana merespons kerumunan warga di pasar tumpah yang berada di kawasan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage saat penerapan PPKM level 3. Yana mengaku seharusnya kerumunan itu tak terjadi di tengah lonjakan COVID-19.

"Harusnya mah udah enggak boleh ada pasar tumpah, enggak boleh," kata Yana kepada wartawan di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Senin (14/2/2022).

Yana menegaskan sebelum kerumunan itu terjadi, pihaknya sudah menginstruksikan jajaran di bawahnya supaya melarang kegiatan pasar tumpah yang bisa memicu peningkatan kasus Corona. Namun begitu, ia menyebut di sebagian lokasi sudah tak ada lagi kegiatan pasar tumpah.

"Dinas terkait sama kewilayahan harusnya mengedukasi yah, tapi di beberapa tempat udah enggak ada lagi (pasar tumpah). Terus kita sampaikan ke masyarakat, ini kan demi kepentingan kita bersama juga," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melarang pasar kaget beroperasi di masa PPKM Level 3. Namun sayangnya masih saja ada yang tetap bandel beroperasi.

Salah satunya pasar kaget di kawasan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) yang berada di Kecamatan Gedebage, Kota Bandung. Pasar kaget tersebut tetap ramai dikunjungi warga.

Pantauan detikcom, Minggu (13/2/2022), nampak kerumunan warga di lokasi tersebut. Selain itu, ada juga warga dan pedagang yang abai protokol kesehatan (prokes), salah satunya tidak menggunakan masker.

(ral/mso)