Kota Sukabumi

PKL Direlokasi ke Pasar Pelita, Pengembang: Ada tapi Masih Hitungan Jari

Siti Fatimah - detikNews
Senin, 14 Feb 2022 13:57 WIB
Relokasi pedagang di tujuh ruas Jalan di Kota Sukabumi dilakukan secara bertahap
Relokasi pedagang di tujuh ruas Jalan di Kota Sukabumi dilakukan secara bertahap (Foto: Siti Fatimah/detikcom)
Sukabumi - Proses relokasi pedagang kaki lima dan normalisasi serta aktivas Pasar Pelita di Kota Sukabumi masih terus berlangsung. Walikota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan, berdasarkan pantauannya, dari tujuh ruas jalan sudah empat jalan yang dilakukan pembongkaran lapak PKL.

"Pantauan hari ini alhamdulillah sebagaimana harapan kita semua dan ini teman-teman Pol PP beserta TNI Polri juga terus melakukan normalisasi untuk ruas jalan yang belum dilaksanakan. Sekarang sudah empat jalan yang sudah di-clear kan," ujar Fahmi kepada awak media, Senin (14/2/2022).

Terkait harga sewa, pengembang dan pedagang sudah melakukan perjanjian di mana awalnya down payment itu 30% dari harga total biaya sewa menjadi 20%.

"Dan terakhir ini dua pekan terakhir pihak pengembang sudah menyampaikan cukup dengan hanya Rp 6,5 juta warga masyarakat atau PKL eksisting yang lama itu sudah boleh masuk. Jadi sudah luar biasa kebijakan pengembang cukup dengan Rp 6,5 saja," katanya.

Perwakilan PT Fortunindo Artha Perkasa (PT FAP) Chandra Aditama mengungkapkan kondisi kesiapan Pasar Pelita. Dia mengatakan, dari empat lantai gedung baru dua yang diaktivasi.

"Kalau untuk kondisi pasar sendiri untuk kita pakai duluan lantai basement dan lantai satu. Sisanya sedang dalam proses," kata Chandra.

Kedua lantai itu merupakan pasar basah dan fashion. Dia mengatakan, saat ini belum terlalu banyak pedagang yang mengisi kios karena beberapa pedagang ada yang masih berdagang sambil menunggu jadwal pembongkaran.

"Sebagian sudah ada yang di dalam tapi masih hitungan jari lah. Untuk basahan itu kurang lebih 80-90% nah kalo yang untuk fashion masih kurang lebih 50% an lah. Sekarang belum, karena mungkin mereka masih sibuk berdagang," ujarnya.

Dia mengimbau kepada pedagang untuk segera mendekorasi dan mengisi kios yang sudah disediakan. Pihaknya juga kembali menegaskan, biaya down payment (DP) hanya Rp 6,5 juta.

"Silakan mendaftar cukup membayar Rp 6,5 juta sudah bisa untuk mendekorasi, berdagang dan mendapatkan kunci di dalam gedung Pasar Pelita," pungkasnya.

Pantauan detikcom di lokasi, terlihat beberapa petugas berjaga di sekitar gedung Pasar Pelita. Pedagang juga hilir mudik dari dalam gedung Pasar Pelita ke lapaknya. (yum/bbn)