Viral Kawah Gunung Tangkuban Perahu Semburkan Asap Putih

Whisnu Pradana - detikNews
Sabtu, 12 Feb 2022 16:09 WIB
Kawah Gunung Tangkuban Perahu semburkan asap putih
Kawah Gunung Tangkuban Perahu semburkan asap putih (Foto: istimewa)
Bandung -

Hembusan asap berwarna putih terlihat dari kawah Gunung Tangkuban Parahu di perbatasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Kabupaten Subang pada Sabtu (12/2/2022) sekitar pukul 12.00 WIB.

Foto-foto yang menunjukkan hembusan asap tersebut bahkan viral di media sosial hingga sempat menimbulkan keresahan publik terkait status Gunung Tangkuban Parahu.

Relawan Desa Tangguh Bencana (Destana) Ciater, Subang, Teten Lesmana mengatakan pihaknya langsung menindaklanjuti viralnya informasi tersebut. Namun dari hasil pengecekan di Pos Pemantauan Tangkuban Parahu tak ada peningkatan aktivitas.

"Memang ada foto yang beredar seperti semburan asap putih di kawah, cuma kalau kita komunikasi dengan petugas pemantauan di pos PVMBG itu hanya uap panas atau gas," kata Teten saat dihubungi detikcom.

Teten menyebut dari informasi petugas pemantauan sebelumnya juga sudah ada semburan uap panas atau gas tersebut namun dalam skala yang lebih kecil.

"Sebelumnya juga ada cuma kan semburannya kecil-kecil. Mungkin yang sekarang lubangnya itu lebih besar jadi uapnya terfokus ke satu titik ini dan kebetulan terlihat," tutur Teten.

Gunung Tangkuban PerahuGunung Tangkuban Perahu Foto: Irpan Rispandi/d'Traveler

Berdasarkan pengamatan dari Seismograf di pos pemantauan tersebut tak ada peningkatan aktivitas Gunung Tangkuban Parahu usai adanya semburan uap panas atau gas tersebut.

"Untuk aktivitas itu masih normal kalau lihat di Seismograf, cuma kita lebih ke mewaspadai saja takutnya ada peningkatan aktivitas," ujar Teten.

Ia menyebut saat ini sebagian pedagang masih ada yang berjualan di area Taman Wisata Alam (TWA) tersebut. Namun pihaknya mengimbau agar pengunjung tak terlalu dekat dengan bibir kawah.

"Untuk aktivitas pedagang sebagian masih ada. Jadi setelah kita dapat info, kita langsung memantau juga kondisinya. Kita imbau juga untuk informasi yang dibagikan itu enggak asal dan tidak menebar hoax juga," tutur Teten.

Sementara itu Kepala Subbidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Barat PVMBG Nia Haerani mengatakan semburan gas dari kawah Gunung Tangkuban Parahu merupakan fenomena yang biasa.

"Itu hanya semburan gas dari kawah saja. Itu juga merupakan Hal yang wajar untuk gunung api aktif," kata Nia Haerani.

Simak juga 'Hujan Ringan Diprakirakan di Sumatra-Jawa, Bagaimana di Kalimantan?':

[Gambas:Video 20detik]



(yum/bbn)