Lewat Tol Cisumdawu Seksi I Mulai Dikenakan Tarif, Ini Rincian Harganya

Nur Azis - detikNews
Kamis, 10 Feb 2022 21:41 WIB
Tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu) seksi 1 ruas Cileunyi-Pamulihan mulai beroperasi hari ini. Namun di hari pertama beroperasi, arus lalu lintas masih cukup lengang.
Tol Cisumdawi Seksi I (Foto: Wisma Putra)
Sumedang - Tol Cisumdawu (Cileunyi - Sumedang - Dawuan) Seksi 1 ruas Cileunyi - Pamulihan akan mulai dikenakan tarif. Pemberlakuan tersebut akan dimulai pukul 00.00 WIB dini hari nanti atau memasuki Jumat (11/2/2022).

Direktur Teknik Citra Karya Jabar Tol (CKJT) Bagus Medi Suarso mengatakan, tarif Tol Cisumdawu akan mulai diberlakukan pada pukul 00.00 WIB dini hari nanti.

Tarif tol tersebut, sambung Bagus, ditetapkan oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) lalu disahkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Jam 00.00 dini hari akan mulai kita berlakukan tarif setelah 17 hari digratiskan," ungkap Bagus kepada detikcom, Kamis (10/2/2022) malam.

Bagus mengatakan, tarif tol Cisumdawu seksi 1 Ruas Cileunyi- Pamulihan terbagi ke dalam dua bagian, yakni tarif dari ruas Cileunyi - Jatinangor dan ruas Cileunyi - Pamulihan.

"Tarif itu ada dua yaitu dari Cileunyi ke Jatinangor dan Cileunyi ke Pamulihan, begitupun sebaliknya," terangnya.

Berikut detail tarif tol Cisumdawu Seksi 1 Ruas Cileunyi - Pamulihan berdasarkan golongan kendaraan :

1. Ruas Cileunyi - Jatinangor atau sebaliknya :

- Golongan 1 sebesar Rp 6 ribu
- Golongan 2 sebesar Rp 9 ribu
- Golongan 3 sebesar Rp 9 ribu
- Golongan 4 sebesar Rp 12 ribu
- Golongan 5 sebesar Rp 12 ribu

2. Ruas Cileunyi - Pamulihan atau sebaliknya :

- Golongan 1 sebesar Rp 11 ribu
- Golongan 2 sebesar Rp 17 ribu
- Golongan 3 sebesar Rp 17 ribu
- Golongan 4 sebesar Rp 22 ribu
- Golongan 5 sebesar Rp 22 ribu

Bagus mengatakan, progres pembangunan Tol Cisumdawu dari Seksi 3 hingga Seksi 6 yang menjadi kewenangannya, saat ini sudah selesai dikerjakan khusus di seksi 3. Sementara untuk Seksi 4 saat ini sedang dilakukan percepatan.

"Seksi 4 ini sekarang untuk mempercepat saya bagi dua ke dalam dua kontraktor yaitu ada Wijaya Karya dan ada Brantas Abipraya," terangnya.

Bagus melanjutkan, begitupun dengan seksi 5, sebagai langkah percepatan maka dibagi kedalam dua kontraktor.

"Ada Adikarya dan ada PT. Girder Indonesia, kalau seksi 6 diawal pertengah Maret sudah selesai karena progesnya berada di 90 persen," ujarnya.

Bagus menargetkan pengerjaan Tol Cisumdawu Seksi 3 sampai 6 dapat selesai di akhir bulan Juni.

"Saya sih mudah-mudahan kalau cuaca bagus di bulan Juni akhir bisa selesai, tapi kontraktor mintanya sampai Agustus karena ada delay waktu mengingat cuaca di Sumedang saat ini sedang tidak menentu," pungkasnya. (yum/bbn)