Kabar Baik Ukhti! Indonesia Hijabfest Bakal Digelar Lagi Tahun Ini

ADVERTISEMENT

Kota Bandung

Kabar Baik Ukhti! Indonesia Hijabfest Bakal Digelar Lagi Tahun Ini

Yudha Maulana - detikNews
Selasa, 08 Feb 2022 03:38 WIB
Indonesia Hijabfest akan kembali digelar pada Maret 2022 mendatang. Event terbesar untuk komunitas hijabers Tanah Air ini diharapkan bisa kembali menggeliatkan perekonomian di sektor fesyen hijab.
Indonesia Hijabfest akan kembali digelar pada Maret 2022 mendatang. Event terbesar untuk komunitas hijabers Tanah Air ini diharapkan bisa kembali menggeliatkan perekonomian di sektor fesyen hijab (Foto: istimewa Indonesia Hijabfest)
Bandung -

Indonesia Hijabfest akan kembali digelar pada Maret 2022 mendatang. Event terbesar untuk komunitas hijabers Tanah Air ini diharapkan bisa kembali menggeliatkan perekonomian di sektor fesyen hijab.

Founder Indonesia Hijabfest Sheena Krisnawati mengatakan, 15 persen dari data brand hijab yang pernah bekerjasama dengan Indonesia Hijabfest telah gulung tikar akibat pandemi.

Memang sejak pandemi COVID-19 melanda Indonesia, penjualan brand-brand hijab di Indonesia merosot tajam karena tak bisa mengandalkan pembelian secara langsung. Penjualan lewat online pun tak serta merta langsung efektif menarik konsumen.

Event tahunan Indonesia Hijabfest pun terakhir digelar pada akhir 2020 lalu dengan jumlah peserta terbatas. Oleh karena itu, Sheena mengharapkan pada tahun 2022 ini, dunia fesyen hijab harus kembali bangkit.

Sebagai langkah awal, ratusan pengusaha brand hijab dikumpulkan di Trans Luxury Hotel, Kota Bandung pada Senin 7 Februari 2022.

"Alhamdulillah kita bisa silaturahmi lagi setelah dua tahun dengan penerapan tes antigen dan prokes ketat dan berlapis." ujar Sheena dalam keterangannya.

"Database kita ada 500 brand (yang ikut). Di sini akan ada informasi tentang jadwal dan lokasi event hijabfest tahun 2022. Selain itu ada dukungan dari BSI yang akan mendukung brand dari temen-temen. Semoga brand-brand lokal tetap berjaya," katanya di sela-sela acara.

Rencananya awal helatan Indonesia Hijabfest bakal digelar pada bulan Maret 2022 atau sebulan sebelum puasa Ramadhan karena minat masyarakat yang sangat tinggi. Sheena cukup optimis event Indonesia Hijabfest bisa mendongkrak penjualan brand-brand yang terlibat meski tidak banyak pengunjung yang hadir.

Gunakan Skema Jastip

Salah satu skema adalah jasa titip beli barang. Saat ini terdapat 200 orang yang telah terdaftar dan terseleksi dengan aturan ketat. Mereka memiliki akses untuk bisa membeli barang brand-brand yang mengikuti event Indonesia Hijabfest dengan jasa Rp 20ribu hingga Rp 200ribu untuk setiap barangnya.

"Melihat tahun lalu saat pandemi mulai kembali dibuka pada November 2020. Dengan 39 yang ikut kita bisa mendapatkan omzet Rp 11 miliar selama lima hari. Itu sangat bagus dengan tenant sedikit. Pengennya kita sekali event Rp 20miliar namun harus dengan tenant banyak itu semua tergantung situasi dan kebijakan pemerintah."

"Jasa titipan memang baru hits saat pandemi di event Indonesia Hijabfest. Tentunya ini sangat membantu di saat harus membatasi pengunjung dan peserta," katanya.

Sementara itu Senior Vice President Funding And Hajj Bank Syariah Indonesia, Vita Andrianty mengatakan dalam rangka HUT BSI yang ke-1 pihaknya ingin mendukung para pelaku bisnis fesyen hijab tanah air agar bisa survive di tengah pandemi saat ini bekerjasama dengan Indonesia Hjabfest.

Sebagai negara dengan jumlah muslim terbanyak di dunia, Indonesia seharusnya bisa menjadi tren fesyen hijab dunia. Dia berharap dengan kerjasama BSI dan Indonesia Hijabfest bisa merealisasikan harapan tersebut.

"Apabila kita konsen dalam industri halal ini dengan nilai unik bisa berbicara banyak bahkan di pasar global. Kami siap support agar Indonesia bisa menjadi kiblat fesyen hijab dunia."

"Salah satunya dengan sinergi antara BSI, nasabah BSI dan pelaku industri fesyen Hijab dan akan dibuat program. Selain itu kita akan bantu dalam proses ekspor serta kartu kredit Hasanah Card yang memiliki keuntungan bagi pengusaha bisnis," katanya.

(yum/bbn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT