Kota Sukabumi

Respons Kajati Jabar soal Herry Wirawan Minta Keringanan Hukuman

Siti Fatimah - detikNews
Jumat, 04 Feb 2022 18:28 WIB
Kajati Jabar Asep N Mulyana
Kajati Jabar Asep N Mulyana (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Sukabumi -

Herry Wirawan, terdakwa kasus pemerkosaan 13 santriwati di Kota Bandung, meminta majelis hakim memberikan keringanan hukuman demi mengurus anak-anaknya. Merespons hal tersebut, Kajati Jabar Asep N Mulyana menegaskan pihaknya akan tetap pada tuntutan awal.

"Kami tetap pada tuntutan semula, jadi tuntutan mati dengan beberapa pemberatan," kata Asep setelah meresmikan Kampung Restorative Justice di Kecamatan Baros, Kota Sukabumi, Jumat (4/2/2022).

Tak hanya tetap pada tuntutan mati, pihaknya juga tetap meminta hakim untuk menyita aset-aset Herry Wirawan. Asep mengungkapkan, aset-aset dari yayasan dan aset lain akan digunakan untuk kebutuhan para korban.

"Kami juga meminta agar hakim menyita yayasannya dan aset-aset yang digunakan untuk kepentingan korban. Sekolah-sekolah anak-anak itu, itu yang dipentingkan," tuturnya.

Pihaknya akan menyerahkan keputusan akhir tuntutan tersebut kepada majelis hakim dan berharap hukuman hukuman Herry tetap diberikan dengan tuntutan semula. "Nanti kita tunggu mudah-mudahan hakim juga menyetujui yang kami tuntut," ucap Asep.

Sekadar diketahui, permintaan Herry Wirawan untuk mendapat keringanan hukuman disampaikan dalam sidang agenda duplik atau tanggapan atas replik jaksa yang digelar di PN Bandung, Kamis (3/2). Herry mengikuti persidangan secara virtual.

Simak Video 'Kebiri dan Hukuman Mati untuk Herry Wirawan Si Pemerkosa 13 Santri':

[Gambas:Video 20detik]



(bbn/mso)