Kabupaten Pandeglang

Cegah Omicron, Pemkab Tutup Alun-alun Pandeglang

Rifat Alhamidi - detikNews
Selasa, 01 Feb 2022 16:21 WIB
Papan pengumuman Alun-alun Pandeglang ditutup
Papan pengumuman Alun-alun Pandeglang ditutup (Foto: Rifat Alhamidi/detikcom)
Pandeglang -

Pemkab Pandeglang kembali menutup alun-alun untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 varian Omicron. Penutupan dilakukan mulai hari ini, Selasa (1/2/2022) hingga batas waktu yang tak ditentukan.

"Karena melihat situasi dan kondisi penyebaran COVID, mulai hari ini Alun-alun Pandeglang ditutup sementara sampai batas waktu yang tidak ditentukan," kata Pj Sekda Pandeglang Taufik Hidayat kepada detikcom via telepon.

Taufik menegaskan, mulai hari ini tidak boleh ada aktivitas warga di sekitaran Alun-alun Pandeglang yang bisa memicu kerumunan massa. Petugas juga akan disiagakan apabila kerumunan tersebut masih terjadi di lapangan.

"Tapi kami sudah beri arahan petugas yang di lapangan supaya melakukan pendekatannya secara humanis, baru kalau misalnya masih tetap membandel, tindakan tegas harus ada. Jadi yang lebih dikedepankan adalah edukasi kepada masyarakat bahwa penutupan ini untuk keselamatan bersama," ungkapnya.

Taufik mengaku penutupan Alun-alun Pandeglang nantinya akan disesuaikan dengan perintah dari pemerintah pusat tentang penanganan COVID-19 varian Omicron. Jika sudah melandai, fasilitas yang kerap jadi pusat wahana masyarakat ini akan dibuka kembali.

"Keputusannya nanti kita mengikuti perintah dari pusat. Tapi yang jelas, prokes sampai hari ini masih tetap berlaku. Maskernya harus tetap dipakai sama jaga jarak harus tetap dilakukan, intinya itu semua untuk keselamatan masyarakat Pandeglang," pungkasnya.

Untuk sekedar diketahui, sebaran kasus COVID-19 hingga Senin (31/1) kemarin tercatat masih menyisakan 27 orang yang menjalani isolasi atau dirawat setelah terkonfirmasi Corona. Kemudian 42 orang masih menjalani isolasi setelah kontak erat dengan pasien COVID-19.

(yum/bbn)