ADVERTISEMENT

Kabupaten Ciamis

Tangani Corona, Bripka Yayat Sisihkan Gaji untuk Sumbang Mobil Ambulans

Dadang Hermansyah - detikNews
Selasa, 01 Feb 2022 10:21 WIB
Bripka Yayat Ruhiat
Ambulans sumbangan dari Bripka Yayat Ruhiat (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis -

Kisah inspiratif datang dari Bripka Yayat Ruhiat, seorang anggota polisi yang rela menyisihkan gajinya untuk membeli ambulans. Ambulans itu, ia sumbangkan kepada desa tempat kelahirannya di Ciamis, Jawa Barat.

Ambulans itu diberikan cuma-cuma kepada Pemerintah Desa Situmandala, Kecamatan Rancah, Ciamis. Selain untuk penanganan COVID-19, ambulans tersebut juga dapat digunakan untuk melayani masyarakat dalam bidang kesehatan.

Untuk membeli ambulans itu, Bripka Yayat, anggota Polri SPN Polda Jabar telah menabung beberapa tahun dengan menyisihkan sebagian gajinya.

Yayat mengatakan kondisi layanan kesehatan saat ini fokus terhadap pandemi COVID-19. Hal itu membuat banyak layanan kesehatan selain COVID-19 menjadi tidak maksimal. Seperti kurangnya ambulans untuk membawa orang sakit ke tempat fasilitas kesehatan.

"Alhamdulillah niat saya untuk membantu daerah kelahiran kini bisa terwujud. Semoga ambulans ini bisa bermanfaat dan dimanfaatkan semaksimal mungkin," ujar Yayat.

Bripka Yayat RuhiatBripka Yayat Ruhiat Foto: Dadang Hermansyah/detikcom

Bantuan sumbangan mobil ambulans ini sebagai bukti bahwa polisi dekat dengan masyarakat. Sekaligus menepis anggapan negatif sebagian orang.

Sementara itu, Pejabat Pelaksana Harian Desa Situmandala Rosnadi mengaku sangat terbantu dengan sumbangan ambulans tersebut. Mengingat Desa Situmandala saat ini belum memiliki mobil layanan kesehatan.

"Saya ucapkan terima kasih, mobil ambulans ini tentunya sangat dibutuhkan bagi desa kami untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat," ucapnya.

Kiprah Bripka Yayat dalam membantu desa kelahirannya tidak hanya kali ini saja. Sebelumnya pun sering memberikan bantuan untuk kepentingan warga. Dari memberikan sembako hingga membangun fasilitas umum seperti tanggul dan memasang jalur aliran listrik untuk pemakaman umum.

Kapolsek Rancah, AKP Husen Sujana mengaku tersentuh oleh sikap Bripka Yayat. Ia berharap sikap tersebut dapat ditiru oleh anggota Polri lainnya.

"Saya sangat tersentuh oleh junior yang dapat memberikan kebaikan untuk daerah kelahirannya. Ini sebagai contoh baik, semoga bisa ditiru oleh anggota Polri lainnya," ujar Husen.

(yum/bbn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT