Kabupaten Lebak

Tahun Macan Air, Warga Lebak Diminta Waspadai Bencana Alam

Fathul Rizkoh - detikNews
Selasa, 01 Feb 2022 09:57 WIB
Warga berbelanja pernak-pernik Tahun Baru Imlek yang dijual di Glodok, Jakarta, Minggu (23/1/2022). Kawasan pecinan di daerah itu tetap dipadati warga yang bersiap merayakan Tahun Macan Air menurut zodiak Cina, meskipun pemerintah telah mengimbau untuk mengurangi kegiatan di pusat keramaian seiring kasus COVID-19 yang semakin meningkat. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/YU
Ilustrasi perayaan Imlek Tahun Macan Air (Foto: ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)
Lebak -

Perayaan tahun baru China atau Imlek tahun 2022 jatuh pada hari ini, Selasa (1/2/2022). Tahun ini, masuk pada shio Macan Air yang berpotensi mendatangkan peristiwa negatif seperti bencana alam.

Ketua Vihara Ananda Avalokitesvara Rangkasbitung Sardani mengatakan, bagi warga Kabupaten Lebak hendaknya lebih waspada di tahun ini. Sebab, tahun Macan Air mempunyai makna tersendiri dilihat dari unsurnya.

Apabila dianalogikan dalam suatu peristiwa, pada tahun Macan Air kemungkinan akan banyak bencana alam yang datang. "Untuk ke depan kayaknya harus lebih waspada bencana seperti banjir, gunung meletus. Tsunami di laut enggak begitu," ujarnya kepada awak media, Senin (31/1/2022) tadi malam.

Meningkatnya tren COVID-19 varian Omicron juga bisa berhubungan dengan unsur dari tahun Macan Air ini. Meski begitu, Sardani meminta warga tidak perlu menyikapi ramalan dengan berlebihan. Jangan sampai adanya ramalan justru membuat warga panik.

Menurutnya, ramalan bisa digunakan untuk mengambil langkah pencegahan. Hal itu akan lebih bijak dibandingkan harus panik berlebihan.

"Kita harus lebih waspada yang di pinggir laut, air pasang melebihi biasa. Tapi enggak berpotensi tsunami," katanya.

"Terkait menekan kasus COVID-19, menurut saya bisa. Mematuhi protokol kesehatan. Kita jangan berkerumun, gelombang ketiga karena kita terlena. Merasa aman kemudian terlena, ternyata COVID-19 terus meningkat. Yah harus waspada pokoknya," pungkasnya.

(yum/bbn)