ADVERTISEMENT

'Komunitas Agus Agus' Galang Donasi untuk Agus Penerima Restorative Justice

Whisnu Pradana - detikNews
Minggu, 30 Jan 2022 16:10 WIB
Agus, warga Bandung Barat yang menerima restorative justice.
Foto: Agus, warga Bandung Barat yang menerima restorative justice (Whisnu Pradana/detikcom).
Bandung Barat -

Simpati dan dukungan untuk Agus Mustofa (28), warga Kampung Cibiru, Desa Ciptaharja, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB) terus mengalir dari berbagai pihak termasuk dari komunitas Agus Agus Bersaudara Indonesia (AABI).

Sebelumnya, Agus dibebaskan dari tuntutan pencurian kendaraan bermotor setelah menerima restorative justice di Kejati Jabar, Kota Bandung pada Selasa (25/1/2022).

Agus Ridwan, pengurus bidang Soskesmas Dewan Agus Pusat mengatakan pihaknya di berbagai wilayah Indonesia menggalang donasi untuk Agus Mustofa dan keluarganya.

"Kami terketuk pintu untuk saudara Agus Mustofa, yang kebetulan punya nama sama dengan kami, akhirnya kami menggalang donasi di lingkungan Agus," ungkap Agus Ridwan saat dihubungi detikcom, Minggu (30/1/2022).

Agus mengatakan dalam dua hari, pihaknya bisa mengumpulkan uang lebih dari Rp 3 juta. Uang tersebut akan disalurkan untuk Agus Mustofa dalam bentuk sembako dan modal usaha.

"Ini tahap awal sekaligus ingin tahu dulu tempat tinggalnya. Kebetulan kan kabarnya Agus lagi dirawat di rumah sakit jadi belum bisa ditengok. kita ke tempat tinggalnya dulu memberi sembako ke ibunya," tutur Agus Ridwan.

Sementara pemberian modal untuk Agus bakal dilakukan setelah pemuda itu pulang dari rumah sakit. Saat ini, Agus Mustofa sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Cahya Kawaluyan (RSCK) Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Bandung Barat.

"Nanti untuk tahap 2 mudah-mudahan ketemu langsung dengan Agus. Rencananya kan kita mau kasih modal buat dia supaya bisa usaha. Jadi ingin donasi ini bisa berkepanjangan ke depannya, bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya," kata Agus Ridwan.

Ia mengatakan hampir semua komunitas Agus Agus di Indonesia turut berdonasi, di antaranya dari komunitas Agus Agus Jombang, Lampung, Magelang, dan daerah lainnya.

"Hampir dari 25 daerah yang ada Ikut terlibat. Untuk dia penyakitnya juga semoga cepat sembuh. Enggak menutup kemungkinan kita bantu untuk pengobatan ke depannya," kata Agus Ridwan.

Simak juga 'Jaksa Agung Beri Restorative Justice ke Maling Motor':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT