Relawan Dukung Dedi Mulyadi Maju Pilpres 2024

Yudha Maulana - detikNews
Sabtu, 29 Jan 2022 18:08 WIB
Calon Wagub Jawa Barat Dedi Mulyadi gunakan hak pilih di TPS 6 Kampung Krajan, Purawakarta. Ia mengaku tak ada ritual khusus di Pilkada serentak 2018.
Dedi Mulyadi (Foto: dok.detikcom)
Bandung -

Anggota DPR RI Dedi Mulyadi mendapatkan dukungan untuk melenggang ke bursa Pilpres 2024. Dukungan itu datang dari relawan yang mengatasnamakan Barisan Relawan Kang Dedi Mulyadi (BARA-KDM) yang melakukan deklarasi dukungan di Tangerang Selatan pada 27 Januari 2022.

"Dengan dasar semangat dan kecintaan terhadap KDM, maka hari ini, Kami selaku relawan yang tergabung dalam Barisan Relawan Kang Dedi Mulyadi (BARA-KDM) berkumpul untuk mendeklarasikan Kang Dedi Mulyadi (KDM) sebagai Calon Presiden Republik Indonesia pada perhelatan akbar Pemilu Tahun 2024 nanti," tulis pernyataan deklarasi yang diterima detikcom, Sabtu (291/1/2022).

Juru bicara BARA-KDM Agus Syarifudin menilai, Dedi Mulyadi sebagai salah satu sosok pemimpin potensial dan memiliki kapasitas serta rekam jejak yang baik. "Dengan spirit dan karakter kebudayaannya, KDM sama halnya serupa oase di tengah keringnya sosok pilihan pemimpin Indonesia dewasa kini," ujar Agus.

Ia menilai kehadiran Dedi Mulyadi dalam bursa Pilpres bukan tiba-tiba, sebab ada rekam jejak karir politik yang baik selama politisi asal Golkar itu menjabat baik sebagai Wakil Bupati dan Bupati Purwakarta, maupun saat menjadi Anggota DPR RI Komisi IV.

"Maka, wajar rasanya jika hari ini beliau kerap disandingkan dengan tokoh-tokoh Nasional, bahkan digadang gadang menjadi Calon Presiden Republik Indonesia di 2024 nanti.Dengan karakter yang dimilikinya, konstelasi politik yang tadinya 'kotor' akibat polarisasi Politik Indentitas menjadi jernih, sehingga Pancasila akan menemukan wujudnya. Beliau mengenalkan politik yang khas dengan spirit budaya yang kuat, sehingga hal tersebut menginspirasi banyak orang untuk bangga dengan ragam kebudayaan yang dimilikinya," tutur Agus.

Barisan Relawan Kang Dedi Mulyadi (BARA-KDM)Barisan Relawan Kang Dedi Mulyadi (BARA-KDM) Foto: istimewa

Selain karakter kebudayaan yang dibawanya, Agus juga melihat Dedi Mulyadi juga getol membahas karakter masyarakat terkait dengan Pancasila. Kang Dedi --sapaan Dedi Mulyadi-- juga dikenal sebagai sosok atau figur pemimpin yang mau bersosialisasi dan bersentuhan langsung dengan masyarakat, kegiatannya sering diabadikan melalui Kanal Media Sosial YouTube milik pribadinya.

Ia juga dikenal sebagai figur yang peduli dengan kesehatan, pendidikan dan lingkungan. "Hal tersebut, bukan merupakan bentuk pencitraan semata, tetapi beliau memang sudah sering melakukan kegiataan terjun langsung kepada masyarakat dalam kesehariannya, jauh sebelum beliau menjadi Anggota DPR-RI," kata Agus.

Hasil Survei Top of Mind yang dilakukan oleh Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia yang dirilis pada tanggal 9 Januari 2022, memunculkan nama Dedi Mulyadi dengan elektabilitas sebesar 1% (satu persen). Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan Ketum Golkar Airlangga Hartarto.

"Angka ini menjadi modal penting bagi KDM tersendiri untuk memuluskan langkah beliau menjadi Calon Presiden Republik Indonesia pada tahun 2024 nanti dan menjadi modal dasar serta suntikan semangat yang besar bagi para pendukung, relawan, ataupun simpatisan KDM," ujar Agus.

(yum/bbn)