Kabupaten Bandung Barat

Pemuda Tewas Tenggelam di Waduk Saguling

Whisnu Pradana - detikNews
Sabtu, 29 Jan 2022 13:22 WIB
Ilustrasi korban tenggelam
Ilustrasi orang tenggelam (Ilustrator: Mindra Purnomo/detikcom)
Kabupaten Bandung Barat -

Ahmad Sopandi tewas tenggelam di Waduk Saguling yang merupakan aliran Sungai Citarum. Lokasi tepatnya di Kampung Ciledug, Desa Budiharja, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat.

Pemuda berusia 22 tahun itu berdomisili di warga Kecamatan Cililin, Bandung Barat. Berdasarkan informasi dihimpun, korban tenggelam di Waduk Saguling pada Jumat (28/1) malam, pukul 22.00 WIB.

Kepala Pelaksana BPBD Bandung Barat Duddy Prabowo menjelaskan korban ditemukan tewas setelah tim SAR gabungan mencari pemuda tersebut sejak Sabtu (29/1/2022) pagi. "Korban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia pada pukul 12.30 WIB," kata Duddy saat dihubungi detikcom.

Kronologis kejadian itu bermula saat korban dan tiga temannya hendak makan-makan ke saung jaring apung yang ada di tengah waduk. "Korban bersama tiga temannya naik perahu tongkang berbeda. Nah perahu yang dinaiki korban dan seorang temannya itu tiba-tiba bocor dan dengan cepat kemasukan air," ujar Duddy.

Lantaran takut, Ahmad dan temannya meloncat ke Waduk Saguling. Padahal mereka berdua tak bisa berenang.

"Rekan lainnya yang berada di perahu berbeda, berusaha menolong. Korban bernama Rangga bisa diselamatkan dengan cara ditarik ke atas perahu, tapi korban Ahmad Sopandi tidak bisa diselamatkan," tuturnya.

Saat itu juga, menurut Duddy, tiga teman korban meminta pertolongan kepada warga setempat. Selanjutnya, proses pencarian dilakoni tim SAR gabungan.

"Jasadnya baru ditemukan siang ini. Kemudian dibawa ke rumah duka," ucap Duddy.

(bbn/bbn)