Kota Bandung

Jenderal Dudung Pimpin Pemakaman Rizal di TMP Cikutra

Yudha Maulana - detikNews
Sabtu, 29 Jan 2022 11:15 WIB
Pemakaman Rizal di TMP Cikutra Bandung
Prosesi pemakaman jenazah Sertu Anumerta Muhammad Rizal Maulana Arifin di TMP Cikutra Bandung. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung -

Isak tangis mengiringi pemakaman Sertu Anumerta Muhammad Rizal Maulana Arifin di Taman Makam Pahlawan (TMP), Cikutra, Kota Bandung pada Sabtu (29/1/2022). Pada pemakaman itu Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurrachman menjadi inspektur upacara.

Rizal bersama dua prajurit lainnya, Pratu Tuppal Baraza dan Pratu Rahman, gugur setelah kontak senjata dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kampung Jenggernok, Distrik Gome, Kabupaten Puncak, Papua, Kamis (27/1).

Jenazah Rizal tiba di rumah duka, Kampung Bojong Suren, Kelurahan Pasawahan, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jumat (28/1/2022) malam, pukul 20.25 WIB. Keesokan harinya, jenazahnya dibawa ke TMP Cikutra.

Pantauan detikcom, Dudung dan rombongan tiba di TMP Cikutra pada pukul 09.30 WIB. Di sana, sudah terlihat keluarga Sertu Anumerta Rizal yang telah tiba di Cikutra lebih dulu. Terlihat ibu dan tunangan dari Rizal tak henti-hentinya menitikkan air mata.

Prosesi pemakaman berlangsung dengan khidmat meski dipenuhi rasa haru. Dudung mengatakan, TNI kehilangan salah satu prajurit terbaiknya saat bertugas. Menurutnya, ketabahan dari Rizal harus diteladani oleh segenap jajaran.

"Beliau menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab dan keikhlasan," kata Dudung saat memberikan sambutan Apel Persada.

Simak Video: Jenderal Dudung Akan Pimpin Pemakaman Sertu Rizal di TMP Cikutra

[Gambas:Video 20detik]