Jabar Hari Ini: 725 Anggota GMBI Diamankan-Polemik Iket Sunda Edy Mulyadi

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 27 Jan 2022 23:34 WIB
Seorang anggota ormas GMBI yang menunggangi patung Macan Lodaya kini diburu polisi
Seorang anggota GMBI yang nekat menunggangi Maung Lodaya sebelum demo berakhir ricuh di Mapolda Jabar, Kamis (27/1/2022)(Foto: istimewa)
Bandung -

Sejumlah peristiwa terjadi di Jabar hari ini, Kamis (27/1/2022). Mulai dari pemotor di Indramayu jadi korban tabrak lari hingga ratusan anggota ormas di Bandung diamankan polisi.

Berikut rangkuman beritanya:

1. Rampok Perkosa Wanita di Sukabumi

Tiga orang pria bernisial T, HU dan RA ditangkap polisi gegara melakukan aksi perampokan di Sukabumi. Parahnya lagi salah satu pelaku tega memperkosa korban.

Berdasarkan informasi, aksi jahat tiga pria tersebut terjadi pada Sabtu (4/12/2021) lalu. Sambil membawa golok, ketiga pria tersebut menyatroni sebuah rumah yang dihuni oleh seorang wanita berusia 49 tahun dan satu anaknya.

"Setelah masuk ke rumah, pelaku langsung menyekap korban dan saksi (anak korban). Kemudian pelaku mengambil enam buah handphone korban dan saksi," kata Kapolres Sukabumi Kota AKBP SY Zainal Abidin, Kamis (27/1/2022).

Usai mengambil harta benda korban dan saksi, pelaku inisial T memerkosa wanita dewasa tersebut. Setelah itu, kawanan perampok kabur menggunakan motor.

2. Pemotor di Indramayu Jadi Korban Tabrak Lari

Seorang pemotor wanita di Indramayu jadi korban tabrak lari. Korban bahkan mengalami luka cukup parah di bagian kakinya.

Insiden itu terjadi di Desa Kedungdawa, Kecamatan Gabuswetan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Detik-detik pemotor wanita ditabrak sebuah mobil terekam CCTV hingga viral di media sosial.

Warganet pun curiga dengan pengemudi mobil. Warganet menduga pengemudi mobil sengaja menabrak pemotor wanita tersebut.

Kasat Lantas Polres Indramayu AKP Angga Handiman membenarkan kejadian tersebut. Namun pihaknya belum bisa menyimpulkan apakah kejadian tersebut disengaja atau murni kecelakaan.

"Apakah murni kecelakaan atau sengaja seperti yang disampaikan masyarakat di medsos, kami belum bisa menyimpulkan. Karena kemarin saksi (korban) belum sadar diri," kata Angga saat dihubungi detikcom, Kamis (27/1/2022).

3. Polemik Iket Sunda Edy Mulyadi

Majelis Adat Sunda murka atas perbuatan Edy Mulyadi yang menggunakan ikat Sunda berbicara menghina suku Dayak. Majelis Adat Sunda menyiapkan hukum adat apabila proses hukum di kepolisian buntu.

"Kita akan jalankan hukum adat juga. Kan di Kalimantan sudah jelas akan ada hukum adat untuk Edy, di kami juga sama, kami juga hukum adat dan melakukan hal yang sama demi utuhnya NKRI," ucap Pupuhu Agung Dewan Keratuan Majelis Adat Sunda Arie Mulia Subagja saat dihubungi, Kamis (27/1/2022).

Arie mengatakan masyarakat Sunda hingga tokoh-tokoh Sunda murka atas perbuatan Edy. Apalagi, ucapan kontroversi Edy dilakukan sambil menggunakan ikat Sunda.

"Ya marah, iket itu bukan aksesoris, tapi menandakan simbol, lalu nilai kebaikan yang ada pada iket ini dipergunakan oleh Edy Mulyadi melakukan hal-hal yang negatif. Itu yang bikin kami marah, masyarakat Sunda," katanya.

4. Demo Ormas di Polda Berakhir Ricuh

Ratusa anggota Orma GMBI diamankan polisi. Mereka diamakan karena melakukan aksi demo yang berujung perusakan di depan Mapolda Jabar, Kota Bandung.

"Saat ini kami sudah amankan 725 orang. 301 di antaranya bertato dan 24 orang residivis," ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo di Mapolda Jabar.

Ibrahim menjelaskan aksi demo tersebut dilakukan massa GMBI yang merasa tak puas dengan penanganan perkara di Karawang. Padahal, kata Ibrahim, proses penanganan perkara itu sudah dilakukan dan dilimpahkan ke kejaksaan.

Demo kemudian berujung anarkis. Massa lantas melakukan sejumlah pelemparan batu ke arah petugas dan merusak fasilitas Mapolda Jabar seperti gerbang hingga taman.

"Kerusakan yang terjadi gerbang pintu, kolom baja, 64 kepala pagar patah, tiga pagar patah, lima lampu taman rusak, rambu-rambu tanda dilarang parkir, teralis, penyangga dudukan, hingga taman depan Polda rusak," kata dia.

5. Pemobil Seruduk Warga di Kabupaten Bandung

Video sebuah mobil sedang menabrak sejumlah motor dan warga di objek wisata Situ Cisanti, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung viral di media sosial.

Dilihat detikcom dalam unggahan @sekitarbandungcom, Kamis (27/1/2022), nampak salah satu pengendara mobil yang diminta warga untuk berputar arah. Pasalnya terdapat keributan yang dipicu oleh pengendara mobil berjenis sedan berwarna silver.

Terdengar dalam rekaman video suara perempuan yang menyebut mobil silver itu menabrak hingga memicu kepanikan.

"Duh ditubruk ah gelo ieu mobil, parah ieu mobil (duh ditabrak, ah gila ini mobil, parah ini mobil)," kata wanita yang terdengar dalam rekaman video.

Polisi saat ini tengah menyelidiki kasus tersebut. Pelaku juga sudah ditangkap untuk keperluan penyelidikan lebih lanjut.

(yum/bbn)