Polisi Buru Pedemo GMBI yang Tunggangi Maung Lodaya Polda Jabar!

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Kamis, 27 Jan 2022 19:38 WIB
Seorang anggota ormas GMBI yang menunggangi patung Macan Lodaya kini diburu polisi
Seorang anggota ormas GMBI yang menunggangi patung Macan Lodaya kini diburu polisi (Foto: istimewa)
Bandung -

Aksi demo Ormas GMBI di depan Polda Jabar berujung anarkis. Bahkan, salah seorang pedemo tampak naik ke patung Maung Lodaya simbol Polda Jabar.

Aksi salah satu pendemo itu terekam dalam video. Bahkan video berdurasi singkat itu memperlihatkan pendemo berambut pirang dengan santai naik ke patung berwarna hitam.

Saat menaiki patung tersebut, pria yang memakai seragam hitam Ormas itu terlihat mengepalkan mengangkat kedua tangan yang dikepalnya.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo mengatakan pihaknya saat ini tengah mencari pria yang ada dalam video menaiki patung tersebut.

"Iya ini akan kami tindak dan kami kejar," ujar Ibrahim di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Kamis (27/1/2022).

Ormas GMBI dan polisi terlibat aksi dorong mendorong pagar di Polda JabarOrmas GMBI dan polisi terlibat aksi dorong mendorong pagar di Polda Jabar Foto: istimewa

Ibrahim mengatakan aksi demo yang dilakukan massa GMBI tersebut berujung anarkis. Fasilitas umum seperti pagar Mapolda Jabar hingga taman rusak oleh pendemo.

Akibat aksi tersebur, ratusan orang diamankan polisi. Total tercatat ada 725 orang yang diamankan.

"Saat ini kami sudah amankan 725 orang. 301 di antaranya bertato dan 24 orang residivis," kata dia.

Sebelumnya Aksi demo organisasi masyarakat (Ormas) di Bandung berlangsung anarki. Sejumlah anggota Ormas pun diamankan.

Informasi dihimpun, aksi tersebut dilakukan oleh Ormas GMBI. Mereka melakukan aksi di depan Markas Polda Jawa Barat.

Belum diketahui maksud mereka melakukan aksi demo. Namun, dari informasi yang dihimpun, aksi demo ini merupakan kelanjutan dari bentrok ormas di Karawang beberapa waktu lalu.

(yum/bbn)