Persiapan Pemilu 2024, KPU Lebak Lakukan Pemutakhiran Data Pemilih

Fathul Rizqoh - detikNews
Kamis, 27 Jan 2022 18:55 WIB
Kantor KPU Lebak
Foto: Kantor KPU Lebak (Fathul Rizqoh/detikcom).
Lebak -

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebak tengah bersiap menyambut pesta demokrasi tahun 2024. Persiapan itu di antaranya pemutakhiran data pemilih berkelanjutan dan daerah pilihan di Kabupaten Lebak.

Informasi yang dihimpun, Pemilu akan digelar pada 14 Februari 2024 mendatang. Jadwal itu diputuskan oleh Komisi II DPR RI dan disepakati KPU RI, pada Senin (24/1/2022).

"Kita sudah mendapat informasi dari KPU RI, (pemilu) akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024. Tentu imbasnya pada tahapan pelaksanaan KPU di Kabupaten Lebak," Ketua KPU Kabupaten Lebak Nikmatullah kepada awak media, Kamis (27/1/2022).

Dalam pemutakhiran data, KPU turut melibatkan instansi terkait seperti Disdukcapil. Selain itu, partai politik di Lebak pun turut membantu dalam pemutakhiran data berkelanjutan.

"Kalau dari Pileg (pemilihan umum legislatif) kemarin ada 900 ribu lebih pemilih. Kita ada pemutakhiran data per tiga bulan sekali. Ada kemungkinan tahu 2024 di atas 1 juta (data pemilih)," tuturnya.

Untuk saat ini, dia mengaku belum ada arahan lebih lanjut terkait pelaksanaan pemilu 2024 nanti. Dia berharap, proses tahapan bisa berjalan lancar hingga pelaksanaan pemilu nanti.

"Kami masih menunggu arahan dari KPU RI. Kalau kami lihat dari tahapannya, kemungkinan di bulan Juni sudah ada tahapan. Saat ini belum ada kendala, semoga lancar sampai hari H-nya," tandasnya.

(mso/mso)