Buronan Asal Sumut Dibekuk Jaksa di Bandung Saat Antar Anak Kuliah

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Kamis, 27 Jan 2022 16:04 WIB
Buronan ditangkap.
Foto: Buronan ditangkap (Istimewa).
Bandung -

Buronan kasus revitalisasi pasar di Sumatera Utara ditangkap di Bandung. Buronan bernama Jhonson Tambunan (59) ditangkap saat mengantar anak kuliah.

Penangkapan dilakukan oleh tim Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat dan Kejati Sumatera Utara di daerah Sarijadi, Kota Bandung pada Kamis (27/1/2022).

"Yang bersangkutan diamankan di daerah Sarijadi Bandung," ujar Kasipenkum Kejati Jabar Dodi Gazali Emil dalam keterangannya.

Dodi menuturkan Jhonson diamankan saat berada di sekitar kampus anaknya. Dari informasi yang diterima, Jhonson diketahui sudah menetap di Bandung sejak tahun lalu.

"Dia di sini ada anaknya kuliah, dia tinggal di kos," kata Dodi.

Jhonson berperkara atas kasus penyalahgunaan wewenang atau jabatan untuk menguntungkan orang lain. Dia bermasalah atas kasus pembangunan dan revitalisasi pasar kecamatan yang terletak di Perumahan Tozai, Kelurahan Bah Kapul, Kecamatan Siantar Martoba, Kota Pematang Siantar, Provinsi Sumatera Utara tahun anggaran 2000. Nilai kerugian atas proyek tersebut Rp 18.537.031 .

Dia sempat mengajukan banding hingga kasasi ke Mahkamah Agung (MA). Namun MA tetap menguatkan putusan hakim dengan hukuman 1 tahun penjara dan denda Rp 18.537.031.

Usai putusan tersebut, Jhonson tak tercium batang hidungnya. Hingga akhirnya dia ditangkap di Bandung.

"Yang bersangkutan akan dibawa langsung ke Pematang Siantar," katanya.

(dir/mso)