Vaksin Booster di Pandeglang Dimulai Hari Ini, Lansia Diprioritaskan

Rifat Alhamidi - detikNews
Kamis, 27 Jan 2022 08:43 WIB
Sejumlah pedagang di Bandung menjalani vaksinasi COVID-19 hari ini. Vaksinasi COVID-19 dilaksanakan di mal dan toko swalayan di Kota Bandung.
Ilustrasi vaksinasi (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Pandeglang -

Vaksin dosis ketiga atau booster di Kabupaten Pandeglang dimulai hari ini, Kamis (27/1/2022). Vaksin digelar secara serentak di seluruh fasilitas layanan kesehatan (Fasyankes) yang tersebar di Pandeglang, Banten.

Kadinkes Pandeglang Raden Dewi Setiani mengatakan vaksin booster akan terlebih dahulu menyasar masyarakat lanjut usia atau lansia yang menjadi prioritas penerima vaksinasi. Alasannya, kalangan ini dianggap paling rentan terjangkit COVID-19 terutama varian baru Omicron.

"Per hari ini kita mulai pelaksanaan vaksinasi booster serentak di 36 puskemas di Pandeglang," kata Dewi saat dikonfirmasi detikcom.

Vaksinasi booster di Pandeglang, kata Dewi, akan menggunakan vaksin jenis Pfizer. Dinkes pun memastikan dosis untuk vaksinasi lanjutan itu sudah disiapkan bagi lansia di Pandeglang.

"Bagi masyarakat calon penerima vaksin ini, dia harus sudah menerima vaksin dosis kedua dengan interval waktu enam bulan. Kurang dari itu (enam bulan) maka belum bisa divaksin booster," ujarnya.

Dinkes pun menargetkan vaksinasi booster bagi lansia bisa menyasar 23.010 jiwa di Pandeglang. Diharapkan dengan vaksin lanjutan ini penyebaran COVID-19 terutama varian Omicron bisa dicegah sedini mungkin.

"Dengan ikhtiar ini, mudah-mudahan mata rantai penyebaran COVID bisa diantisipasi oleh kita bersama. Sekaligus, kekebalan komunal masyarakat di Pandeglang diharapkan bisa segera terbentuk," tutur Dewi.

(bbn/bbn)