55 Bandar Narkoba dari Lapas di Banten Diangkut ke Nusakambangan

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Rabu, 26 Jan 2022 09:29 WIB
55 bandar narkoba dan tiga pembunuh berisiko tinggi dari Lapas di Banten dipindahkan ke Nusakambangan
55 bandar narkoba dan tiga pembunuh berisiko tinggi dari Lapas di Banten dipindahkan ke Nusakambangan (Foto: Istimewa Kanwil KemenkumHAM Banten)
Serang -

55 narapidana bandar narkoba dari sejumlah lapas yang ada di Banten dipindahkan ke Pulau Nusakambangan, Jawa tengah. Selain itu, ada tiga orang pelaku pembunuhan berkategori risiko tinggi yang dibawa dari Lapas Kelas IIA Cilegon.

"55 orang merupakan narapidana bandar narkoba (dan) tiga orang (narapidana) kasus pembunuhan dengan kategori high risk," kata Kakanwil Kemenkumham Banten Tejo Harwanto, Serang, Rabu (25/1/2022).

Sebanyak 40 orang narapidana sebelumnya berasal dari Lapas Kelas IIA CIlegon dan sisanya dari Lapas Kelas IIA Serang. Pemindahan mereka dilakukan dengan pengawalan ketat kepolisian.

Keputusan pemindahan narapidana menurut Kakanwil berdasarkan persetujuan Dirjen Pemasyarakatan. Selain itu, pemindahan dari Cilegon dan Serang untuk meminimalisasi gangguan dan potensi penyebaran narkoba di Banten.

"Kami komitmen memerangi narkoba, kami lakukan dengan mengirim narapidana kategori bandar ke Lapas Super Maximum Security Nusakambangan," ujarnya.

Para narapidana dipindah dari Cilegon pada pukul 23.00 WIB. Sebelum diberangkatkan, mereka menjalani tes antigen agar tidak ada penyebaran COVID-19 di lingkungan Nusakambangan.

(yum/yum)