Dukung Penegak Hukum, Kiai-Santri Kawal Sidang M Kace di PN Ciamis

Dadang Hermansyah - detikNews
Rabu, 26 Jan 2022 14:28 WIB
Kawal sidang M Kace, sejumlah kiai dan santri menggelar aksi depan PN Ciamis.
Foto: Kawal sidang M Kace, sejumlah kiai dan santri menggelar aksi depan PN Ciamis (Dadang Hermansyah/detikcom).
Ciamis -

Sejumlah kiai dan santri dari Ciamis, Banjar, Pangandaran dan Tasikmalaya, melakukan aksi di halaman Pengadilan Negeri Ciamis, Jalan Jendral Sudirman, Rabu (26/1/2022) siang.

Aksi ini dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap kejaksaan dan pengadilan yang saat ini menangani kasus dugaan penistaan agama dengan terdakwa M Kace. Setelah keluar dari RSUD Ciamis, Selasa (25/1/2022), kini M Kace langsung kembali menjalani sidang dengan agenda mendengarkan saksi.

Dalam aksi ini, massa berharap agar pihak kejaksaan menghukum M Kace seberat-beratnya. Para santri dan kiai ini masih mempercayai aparat penegak hukum dalam menangani kasus tersebut. Baik dari hakim maupun kejaksaan.

"Gerakan ini sedikit mengungkapkan. Kami percaya kepada aparat hukum yang sekarang ditangani. Kami berharap kejaksaan menuntut (M Kace) seberat-beratnya," ujar Koordinator Aksi Syarif Hidayat.

Menurut Syarif, tidak hanya santri dan kiai, masyarakat akan marah dan terusik atas ucapan M Kace. Apabila tidak ada yang terusik maka patut dipertanyakan keimanannya.

"Jadi kami tegaskan ini dukungan terhadap aparat. Kami hormat kepada aparat. Hadir dari santri dan kiai Ciamis, Banjar, Pangandaran, Tasikmalaya. Ada juga ormas untuk menyaksikan persidangan M Kace," ucapnya.

Syarif menyatakan aksi tersebut tidak hanya dilakukan kali ini saja. Namun, massa akan terus menunggu dan menghadiri setiap persidangan M Kace.

"Akan kawal, menghadiri setiap sidang sampai dengan akhir putusan," jelasnya. Sampai siang, massa tetap berada di depan Pengadilan Negeri Ciamis.

(mso/bbn)