Rumpun Pohon Bambu Tumbang-Timpa Tiga Rumah di Tasikmalaya

Deden Rahadian - detikNews
Rabu, 26 Jan 2022 11:57 WIB
Kondisi rumah yang tertimpa rumpun pohon bambu dit Tasikmalaya
Kondisi rumah yang tertimpa rumpun pohon bambu dit Tasikmalaya (Foto: Istimewa Tagana)
Tasikmalaya -

Peristiwa hujan deras disertai angin kencang melanda Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat pada Selasa petang (25/01/22). Rumpun bambu di Desa Cigadog, Leuwisari, Sariwangi tumbang dan menimpa tiga rumah warga hingga rusak berat.

Rumpun bambu tersebut menimpa bagian atap rumah Onon (60) dan Iyoh (50. Akibatnya atap, langit-langit dan genting rumah hancur. Ditaksir kerugian mencapai puluhan juta Rupiah.

"Ada tiga rumah terdampak, satu yang rusak parah tertimbun bambu," ujar Koordinator Forum Komunikasi (FK) Tagana Kabupaten Tasikmalaya Jembar Adisetya saat dikonfirmasi, Rabu (26/01/22).

Penyebab pohon bambu tumbang, kata Jembar, diduga akibat hujan deras disertai angin kencang, sehingga mengakibatkan dapuran pohon bambu tumbang. Hingga Rabu ini proses evakuasi bambu masih dilakukan. Rumah korban yang rusak juga mulai diperbaiki.

"Upaya yang dilakukan Tagana, mengevakuasi korban ke tempat aman. Kemudian, bersama warga membersihkan pohon bambu yang menghalangi jalan menuju lokasi bencana," ujarnya.

Dia menambahkan, untuk keamanan sementara warga terdampak diarahkan untuk mengungsi ke rumah saudaranya atau keluarganya yang aman.

"Kami bersama personil yang terlibat aparat desa, TNI/Polri, BPBD dibantu warga untuk mengevakuasi bangunan rumah yang rusak dan pohon bambu yang tumbang," ucapnya.

(yum/bbn)