Pemkab Pandeglang Upayakan Pemulangan Ibu Muda yang Ditipu di Arab

Rifat Alhamidi - detikNews
Selasa, 25 Jan 2022 22:41 WIB
Ilustrasi Penipuan
Ilustrasi kasus penipuan. (Ilustrator: Mindra Purnomo/detikcom)
Pandeglang -

HY (28), ibu muda asal Pandeglang, Banten, mengaku telah menjadi korban penipuan agen penyalur TKI yang menjanjikannya bisa bekerja di Arab Saudi. Pemkab Pandeglang saat ini tengah mengupayakan cara agar ibu muda tersebut bisa kembali lagi pulang ke Indonesia.

"Sedang kami upayakan. Saat ini kami akan melakukan semua upaya yang memang bisa kami lakukan untuk pemulangannya, karena ini bagian dari kewajiban pemda," kata Plt Kadisnakertrans Pandeglang Utuy Setiadi kepada detikcom via telepon, Selasa (25/1/2022).

Utuy mengatakan saat ini Disnakertrans sudah mencoba komunikasi dengan HY melalui sambungan telepon seluler. Namun, nomor teleponnya masih belum bisa dihubungi sejak tadi siang.

"Dua kali nomor HP-nya masih belum aktif, nanti kami tindak lanjuti terus sampe ketemu. Sementara baru menghubungi yang bersangkutan via telepon karena sumber lainnya belum ada," ucapnya.

Disnakertrans Pandeglang akan berkoordinasi dengan pihak Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) untuk membantu pemulangan HY dari Arab Saudi. "Kami juga pengen tahu yang memberangkatkan dia ini siapa, apakah PJTKI yang resmi atau memang pihak tertentu yang kurang bertanggungjawab. Mudah-mudahan kami bisa melangkah lebih jauh dan nanti akan saya kabarin lagi kalau sudah ada kepastian," tutur Utuy.

Sekadar diketahui, nasib pilu dialami HY (28). Ibu muda asal Pandeglang, Banten ini mengaku telah menjadi korban penipuan agen penyalur TKI yang menjanjikannya bisa bekerja di Arab Saudi sebagai asisten rumah tangga (ART). Namun bukannya pekerjaan yang didapat, HY kini malah terkatung-katung tanpa kejelasan di negeri orang.

detikcom menghubunginya melalui sambungan pesan singkat WhatssApp. Namun, untuk menjaga keselamatannya, wartawan sengaja merahasiakan identitas lengkap HY untuk menghindari hal yang tak diinginkan selama ia berada di Arab Saudi.

"Iyah pak, saya HY. Saya udah 20 hari lebih di sini awalnya dijanjiin kerja tapi sekarang malah dikurung di sininya," katanya saat berbincang dengan detikcom, Senin (24/1)

HY bercerita semuanya bermula saat ia ditawari kerja oleh seorang pria berinisial MT yang dikenal berasal dari wilayah Tangerang pada akhir 2021. Tanpa pikir panjang, ia menerima tawaran tersebut lantaran memang membutuhkan pekerjaan untuk menghidupi dua anaknya yang masih kecil juga keluarganya di kampung.

(bbn/bbn)