Probable Omicron di Banten Capai 108 Kasus, Tersebar di 8 Daerah

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Selasa, 25 Jan 2022 16:53 WIB
Omicron Variant on test tube - New Variant of Covid 19
Foto: Ilustrasi (Getty Images/iStockphoto/DMEPhotography).
Serang -

Kasus probable COVID-19 varian Omicron di Banten mencapai 108 orang. Kasusnya tersebar di seluruh kabupaten/kota mulai dari Tanggerang Raya hingga Pandeglang.

"Di Banten itu kalau probable sekitar 108 tersebar di 8 kabupaten kota, itu seluruhnya sudah ada," kata Kadinkes Ati Pramudji Hastuti kepada wartawan di Serang, Selasa (25/1/2022).

Di Kabupaten Lebak, Pandeglang dan Kota Serang dia menyebut ada 3 kasus, Kabupaten Serang 5 kasus, Kabupaten Tangerang 15 kasus, Kota Tangerang ada 40 kasus dan Tangerang Selatan 37 kasus. Untuk memastikan bahwa pasien positif Omicron, menurutnya harus melewati tiga kali uji laboratorium.

Sedangkan yang sudah terkonfirmasi Omicron jumlahnya adalah 21 kasus. 5 di Kota Tangerang, dan 16 di Tangerang Selatan.

"Probable Omicron kalau diperiksa selanjutnya sekitar 90 persen ke atas (positif Omicron)," tegasnya.

Ati mengingatkan sepekan ini kasus penyebaran COVID-19 meningkat khususnya di Tangerang Raya. Ada lonjakan yang menurutnya akibat daerah itu berdekatan dengan ibu kota.

"Kita berdekatan, luar biasa kasusnya. Tapi level PPKM kita berdasarkan Inmendagri kita masih tetap di level 2," terangnya.

Peningkatan jumlah kasus termasuk varian Omicron inilah yang jadi beberapa pertimbangan Dinkes untuk mengusulkan adanya penyesuaian aktivitas masyarakat. Termasuk pembelajaran tatap muka untuk siswa baik itu SD, SMP maupun SMK.

"Mengingat banyak anak-anak seketika tatap muka ini diberlakukan banyak yang positif, ini akan dievaluasi," pungkasnya.

(bri/mso)