Dear Kang Emil, Jalan Provinsi di Cianjur Rusak Parah Mirip Sungai Kering

Ismet Selamet - detikNews
Selasa, 25 Jan 2022 15:42 WIB
Jalan provinsi di Cianjur rusak parah.
Foto: Jalan provinsi di Cianjur rusak parah (dok.warga).
Cianjur -

Puluhan kilometer Jalan Provinsi di Kabupaten Cianjur rusak parah. Bahkan akses menuju Cianjur selatan dan berbagai destinasi wisata itu disebut mirip wahangan saat atau sungai kering.

Kondisi memprihatinkan Jalan Cianjur menuju selatan tersebut bahkan viral di media sosial. Warga net ramai-ramai mengunggah kondisi jalan rusak parah di banyak titik di sepanjang jalan Provinsi tersebut ke media sosial, mulai dari Facebook, Instagram, hingga TikTok.

Tokoh Masyarakat Cianjur Selatan, Jaelani mengatakan jalan dari Kecamatan Cibeber, Pagelaran, hingga Sindangbarang sudah beberapa tahun rusak parah. Tidak hanya berlubang, di beberapa titik jalan Provinsi tersebut bahkan hanya tersisa batuan dan tanah.

"Awalnya hanya rusak biasa, ada lubang di beberapa titik. Kalau sekarang sudah parah, seperti wahangan saat. Apalagi kalau sudah hujan deras," ujar dia, Rabu (25/1/2022).

Menurutnya kondisi jalan yang rusak parah membuat akses menuju selatan terhambat. Waktu tempuh dari Cianjur kota menuju selatan yang harusnya bisa ditempuh empat jam, menjadi enam jam atau lebih.

"Akvitias warga jadi susah, jalan ini akses utama ke selatan, mulai dari ekonomi, pendidikan, kesehatan, hingga wisata. Yang mau kirim hasil panen susah, yang mau berobat juga jadi terhambat, yang mau wisata juga jadi malas kalau tahu jalannya rusak begini," tuturnya.

Menurutnya jalan yang rusak juga kerap membuat pengendara sepeda motor terjatuh. "Kalau hujan kan lubang jalan tidak kelihatan, banyak yang terjatuh atau celaka karena terperosok ke lubang di jalan," ucap dia.

"Jadi kami berharap Pemerintah Provinsi Jawa Barat segera memperbaiki jalan menuju selatan. Apalagi kan ada program Jabar selatan, perbaiki dulu akses utamanya," tegas dia.

Sementara itum Bupati Cianjur Herman Suherman mengaku sudah bersurat ke Pemprov Jawa Barat agar akses jalan menuju Cianjur selatan segera diperbaiki.

"Sudah bersurat, kita berharap segera diperbaiki. Karena akan sulit untuk mengembangkan sektor ekonomi dan wisata jika jalan rusak," ungkapnya.

Pengamat Ruas Jalan Sukanagara-Sindangbarang UPTD Dinas PU Binamarga Provinsi Jabar Bubun Bunyamin mengungkapkan total ada sekitar 15 kilometer jalan rusak di ruas jalan Provinsi di Cianjur selatan.

Menurutnya usia jalan tersebut juga sudah melebihi batas. Seharusnya dalam lima tahun sekali, jalan kembali dibangun total, sedangkan saat ini masih sebatas dilakukan penambalan.

"15 kilometer jalan rusak itu hanya dari Sukanagara hingga Sindangbarang. Belum ditambah dari Sukanagara ke Cibeber. Kalau dijumlahkan bisa puluhan kilometer. Memang seharusnya sudah dibangun ulang karena sudah lima tahun, terakhir dibangun itu pada 2016. Tapi karena keterbatasan anggaran, sementara ditambal," ucap dia, Selasa (25/1/2022).

Bunyamin menambahkan kerusakan jalan Provinsi di Cianjur diakibatkan intensitas hujan yang tinggi dan truk bermuatan berat yang kerap melintas.

"Kalau aspal kan musuh utamanya hujan, jadi cepat rusak. Ditambah truk bermuatan pasir yang tonasenya di atas beban maksimal kerap melintas. Kami upayakan agar segera dilakukan perbaikan," ujarnya.

(mso/mso)