Terungkap! Kebakaran di SMP 1 Cikelet Garut Diotaki Eks Guru Honorer

Hakim Ghani - detikNews
Selasa, 25 Jan 2022 15:29 WIB
Eks Guru Honorer Bakar Sekolah di Garut
Polisi menangkap pelaku pembakaran sekolah di Garut. (Foto: Hakim Ghani/detikcom)
Garut -

Kebakaran yang terjadi di gedung SMP 1 Cikelet Garut ternyata disengaja. Polisi menangkap pelaku yang tak lain adalah mantan guru di sekolah tersebut.

Kasat Reskrim Polres Garut AKP Dede Sopandi mengatakan pelaku pembakaran SMP 1 Cikelet adalah MA. MA diketahui merupakan mantan guru di sekolah tersebut.

"Diduga dilakukan oleh mantan seorang tenaga guru honorer yang berinisial MA," kata Dede, Selasa (25/1/2022).

MA ditangkap petugas Polsek Cikelet dan Polres Garut dua hari setelah kejadian pembakaran sekolah. MA teridentifikasi oleh polisi sebagai pembakar sekolah setelah polisi mendapatkan bukti dari rekaman CCTV yang ada tak jauh dari lokasi sekolah.

"Pelaku ini memiliki ide untuk melakukan aksi dengan cara membeli BBM kemudian menyulut dengan api di kertas dan ditaruh di bawah pintu," ujar Dede.

Insiden kebakaran yang melanda SMP 1 Cikelet itu terjadi pada Jumat 14 Januari 2022, pukul 11.00 WIB. Saat itu warga setempat dihebohkan dengan adanya kepulan asap dari gedung sekolah.

Beruntung api cepat dipadamkan dan tidak menjalar ke seluruh gedung. Api hanya membakar beberapa pintu ruangan di sekolah tersebut.

(bbn/mso)