Duh! Tumpukan Sampah Tutupi Aliran Sungai di Kabupaten Bandung

Yuga Hassani - detikNews
Selasa, 25 Jan 2022 14:14 WIB
Tumpukan sampah tutupi aliran sungai di Kabupaten Bandung.
Foto: Tumpukan sampah tutupi aliran sungai di Kabupaten Bandung (Yuga Hassani/detikcom).
Kabupaten Bandung -

Tumpukan sampah menutupi aliran Sungai Cikahiyangan, Desa Sayati, Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung. Berbagai jenis sampah menutupi hingga menghambat aliran air sungai tersebut.

Pantauan detikcom di lokasi, Selasa (25/1/2022), terlihat tumpukan sampah dengan material mayoritas sampah berbahan styrofoam. Kondisi itu membuat aliran air sungai tersendat.

"Ini dari seminggu ke belakang, dan memang (tumpukan sampah) ini selalu kaya gini," kata Ucup, salah seorang warga.

Dia menyebut sampah tersebut merupakan kiriman dari daerah lain. Dia juga menyebut akibat kondisi tersebut, kawasan Sayati kerap dilanda banjir.

"Ini kiriman paling dari sana, kaya di Pasar Caringin. Ini pasti mengakibatkan banjir. Apalagi kan airnya tersumbat, jadi airnya naik ke jalan," ucapnya.

Menurutnya petugas kebersihan selalu melakukan pembersihan. Namun, saat ini belum ada petugas yang melakukan pembersihan.

"Biasanya ada pembersihan, sebulan ada empat kali dari dinas kebersihan. Cuma sekarang belum ada pembersihan lagi," katanya.

Akibat kondisi ini, dia mengaku terganggu. Pihaknya berharap sampah yang menutupi aliran sungai bisa segera dibersihkan.

"Pasti mengganggu ke jualan, karena bau, enggak enak, jadi pasti mengganggu. Harapannya kalau bisa mah sampahnya segera diangkut cepat-cepat lah, supaya gak bau," kata Ucup.

(mso/mso)