Mini Market di Bandung Kehabisan Stok Minyak Goreng Kemasan, Ini Penyebabnya

Yuga Hassani - detikNews
Senin, 24 Jan 2022 15:06 WIB
ilustrasi minyak goreng
Foto: Ilustrasi (iStock).
Kabupaten Bandung -

Beberapa mini market di Kabupaten Bandung kehabisan stok minyak goreng kemasan. Hal itu disebabkan tingginya minat warga membeli minyak goreng dalam kemasan imbas dari kebijakan harga Rp 14 ribu.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kabupaten Bandung Dicky Anugrah mengatakan penyebab kosongnya stok minyak goreng di sejumlah mini market karena adanya keterlambatan dari supplier.

"Memang ketika kita melakukan monev (monitoring dan evaluasi) hari ini ada beberapa mini market yang stoknya kosong, dikarenakan supplier ada keterlambatan pengiriman," ujar Dicky saat dihubungi detikcom, Senin (24/1/2022).

Menurut dia, tingginya minat warga membeli minyak goreng di mini market ikut memicu habisnya stok barang. "Kenapa di mini market banyak yg kosong, karena memang warga lebih mudah dan terdekat (membeli) ke mini market," katanya.

Pihaknya mengimbau masyarakat Kabupaten Bandung untuk tidak ada panic buying. Karena menurutnya stok minyak goreng kemasan masih aman.

"Cuma yang menjadi persoalan sekarang dari supplier pengiriman ke outlet memang terjadi keterlambatan. Jadi memang minat untuk membeli minyak goreng sangat banyak. Tapi mudah-mudahan kan kebijakan ini targetnya 6 bulan, jadi ini baru berapa minggu dan menjadi temuan kita mudah-mudahan lancar dan stoknya masih aman," ucapnya.

Meski begitu di beberapa supermarket stok minyak goreng masih aman. Salah satunya seperti dipantau di Transmart.

"Barusan saya ke Transmart masih banyak stok di gudang dan rak masih tersedia," ucap Dicky.

Selain itu, dia menambahkan ada pembatasan dalam pembelian minyak goreng kemasan di mini market atau supermarket. Kebijakan itu merupakan inisiatif dari pihak pengelola.

"Terus juga kan ada kebijakan masing-masing mini market atau supermarket ada batasan untuk pembelian kemasan yg 1 liter maksimal 2 liter, untuk yang kemasan 2 liter maksimal satu pitch," pungkasnya.

Lihat juga video 'Jerit Emak-emak Sulit Dapat Minyak Goreng Saat Harga Rp 14 Ribu':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)