Meresahkan! Ular Sanca Tiga Meter Ditangkap Petugas Damkar Ciamis

Dadang Hermansyah - detikNews
Senin, 24 Jan 2022 11:25 WIB
Petugas Damkar Tangkap Ular Sanca
Petugas Damkar Ciamis menangkap seekor ular sanca kembang. (Foto: dok.Damkar Ciamis)
Ciamis -

Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Ciamis menangkap seekor ular sanca kembang. Ular ini meresahkan warga lantaran kerap memangsa hewan ternak.

Awalnya, warga yang memancing di selokan melihat ular sanca besar turun dan masuk ke dalam sebuah lubang pipa. Warga langsung menghubungi tim Damkar Ciamis.

Petugas Damkar Ciamis langsung mendatangi lokasi di Dusun Balemoyan, Desa Mekarjaya, Kecamatan Baregbeg. Mereka menyergap ular yang berukuran panjang tiga meter itu.

Petugas membawa sanca tersebut ke kantor UPT Damkar Ciamis. Rencananya ular tersebut diserahkan ke BKSDA wilayah III Ciamis.

Petugas Damkar Ciamis Nanang Ennurdin mengatakan penangkapan ular sanca kembang ini berlangsung pada Sabtu (22/1). Menurut warga setempat, ular tersebut sudah lama sangat meresahkan warga. Bahkan, kata Nanang, ada beberapa itik milik warga yang dimangsa sanca itu.

"Ular sanca berukuran sekitar tiga meter ini sudah berhasil kami evakuasi. Menurut informasi dari warga sudah meresahkan," ujar Nanang, Senin (24/1/2022).

Dia menyebut kemungkinan ular tersebut memang bersembunyi di selokan tersebut. Sewaktu-waktu ular naik ke atas menuju permukiman warga untuk memakan hewan ternak.

"Bagi warga yang menemukan ular sanca seperti ini sebaiknya segera melapor ke Damkar Ciamis. Sehingga kami bisa segera mengevakuasinya, supaya tidak membahayakan," tutur Nanang.

Simak juga 'Tak Hanya Ular-Kucing, Petugas Damkar Juga Evakuasi Buaya':

[Gambas:Video 20detik]



(bbn/bbn)