Unik! Ambulans di Ciamis Dihias Gambar Kartun hingga Mainan

Dadang Hermansyah - detikNews
Senin, 24 Jan 2022 10:40 WIB
Ambulans di Ciamis memiliki interior yang unik.
Foto: Ambulans di Ciamis memiliki interior yang unik (Dadang Hermansyah/detikcom).
Ciamis -

Mobil ambulans biasanya memiliki kesan menakutkan terlebih saat pandemi COVID-19. Tapi, ambulans milik Desa Karangpawitan, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ini berbeda dari lainnya.

Interior ambulans ini jauh dari kata menyeramkan. Dalam ambulans tersebut banyak terpasang stiker tokoh kartun seperti Mickey mouse dan hiasan bunga. Terdapat juga beberapa mobil mainan, action figur dan mainan lainnya.

Semua mainan itu juga dapat dimainkan. Bahkan penyimpanan perlengkapannya pun bermotif kayu. Sehingga tidak terlihat seperti di dalam ambulans.

"Inisiatif saya pribadi memasang emblem terkait anak-anak. Supaya tidak terkesan seram dan menakutkan," ujar Anggit Sunandar, Kasi Pelayanan Desa Karangpawitan sekaligus sopir ambulans, Senin (24/1/2022).

Menurutnya ambulans ini sengaja dibeli oleh desa pada tahun 2019 dari anggaran dana desa. Tujuannya untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Ambulans di Ciamis memiliki interior yang unik.Ambulans di Ciamis memiliki interior yang unik. Foto: Dadang Hermansyah

Masyarakat sangat membutuhkan ambulans. Mengingat selama ini saat ada yang sakit banyak pasien yang dibawa menggunakan mobil bak terbuka untuk ke rumah sakit atau berobat. Sehingga hal ini membuat semua pihak bersepakat, dari desa, BPD dan masyarakat untuk membeli ambulans.

"Atas kesepakatan semua pihak dan dalam Musrenbang akhirnya memutuskan untuk mengadakan mobil ambulan desa," ucapnya.

Meski punya desa, namun dari segi fasilitas, ambulans ini sudah sesuai standar Kementerian Kesehatan. Semua peralatan dasar sudah tersedia seperti tabung oksigen, blangkar, scoop, stretcher, obat-obatan P3K dan lainnya.

"Ambulans ini juga bisa untuk membawa pasien dan jenazah. Peralatan dalam ambulans ini sudah sesuai Permenkes. Semoga pelayanan kesehatan bisa lebih optimal," tuturnya.

Anggit mengatakan pernak-pernik bertema anak dalam ambulans ini tidak asal pasang. Selama ini banyak orang mengasumsikan ambulans ini menakutkan, apalagi di saat pandemi ini.

"Selain untuk membawa pasien, ambulans ini juga sering digunakan untuk kegiatan posyandu yang memang berkaitan dengan anak. Kami selalu koordinasi sama bidan," ungkapnya.

Menurutnya selama pandemi COVID-19, warga terlihat takut terhadap mobil ambulans. Dengan suasana ambulans ramah anak ini diharapkan anak atau warga tidak takut ketika memerlukan ambulans untuk berobat.

"Jadi pasien bisa nyaman saat akan berobat. Merasa tenang, tidak takut dan pasien bisa segera sembuh. Ambulans ini siaga 24 jam, tinggal menghubungi kepala dusun dan gratis," jelasnya.

Sedangkan untuk operasional mobil ambulans ini dari kantor desa. Tapi ada juga para dermawan yang memberi sumbangan untuk keperluan ambulans ini.

Simak juga 'Relawan Covid-19 di Klaten Diberi Hadiah Alphard untuk Ambulans':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)