Dorong Ridwan Kamil Jadi Capres, Wagub Uu Bahas 'Uga Urang Sunda'

Faizal Amiruddin - detikNews
Minggu, 23 Jan 2022 17:21 WIB
Pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruhzanul Ulum resmi mendaftar sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur ke KPU Jawa Barat.
Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum (Foto: Mochamad Solehudin/detikcom)
Tasikmalaya -

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menyatakan dukungannya terkait rencana pencalonan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk berlaga di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Saya mendorong kang Emil (sapaan Ridwan Kamil) untuk nyapres, sudah saatnya orang Jawa Barat memimpin Indonesia," kata Uu di Tasikmalaya, Sabtu (22/1/2022).

Uu mengatakan menurut uga urang Sunda, kini telah tiba saatnya Indonesia dipimpin orang Sunda. "Menurut uga Sunda, kalau Indonesia dipimpin urang Sunda, insyaallah akan membawa kebaikan-kebaikan. Galunggung ngadeg tumenggung," ucapnya.

Uga ialah ramalan atau prediksi dalam budaya Sunda, yang terkadang menjadi spirit serta menjadi nilai-nilai optimisme di masyarakat. "Tapi bukan berarti yang sebelumnya tidak baik. Wajar kalau seorang calon punya jargon akan lebih baik," kata Uu.

Disamping didorong oleh uga urang Sunda, Uu juga mengatakan sosok Emil layak didorong menjadi calon presiden dengan alasan-alasan realistis. Uu menyebut ada empat alasan mendukung Emil menjadi capres.

"Pertama, kang Emil seorang inovator. Dia merupakan teknokrat yang banyak menerima penghargaan. Kedua, dia juga birokrat dengan pengalaman menjadi wali kota dan gubernur," ujar Uu.