Dukung Ridwan Kamil Nyapres 2024, Uu: Saya Siap Menjadi Gubernur Jawa Barat

Yudha Maulana - detikNews
Jumat, 21 Jan 2022 17:52 WIB
Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum/Foto: Bima Bagaskara
Bandung -

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mendukung penuh Gubernur Jabar Ridwan Kamil untuk melenggang ke Pilpres 2024. Uu pun menyatakan siap maju di Pilgub untuk jadi Jabar 1.

"Saya sebagai partner beliau, memandang layak sosok Ridwan Kamil menjadi pimpinan di Negara kita," ucap Uu di Kota Bandung, Jumat (21/1/2022).

Uu melihat pria yang akrab disapa Kang Emil itu sebagai seorang teknokrat yang paham agama. Selain itu, ia menilai jebolan UC Berkeley itu bisa merangkul berbagai kalangan.

"Jadi ada empat dimensi yang dimiliki Pak Gubernur. Karena seorang pemimpin di negara Indonesia yang berpenduduk berbagai macam agama, suku, ras alias bhinneka, perlu dipimpin oleh sosok yang punya dimensi tersebut," kata Uu.

"Pak Emil itu orang pintar, pasti inovator, Indonesia butuh pemimpin inovatif untuk mengubah situasi dan kondisi," pungkasnya.

Menurutnya, sudah saatnya Presiden Indonesia juga berasal dari orang Sunda. Ia pun sudah mengetahui bocoran, ke arah mana Kang Emil akan melabuhkan pilihan partai politiknya meski saat dikonfirmasi Uu belum mau menyebutkan.

"Jadi orang Sunda harus merasa tenang akan ada yang berani nyalon presiden dari Jawa Barat orang Sunda keturunan kiai," katanya.

Selama ini, Uu melihat belum ada sosok dari Jabar yang berani maju ke kancah nasional. Ia pun meminta restu dari warga Jabar untuk mendukung Kang Emil sebagai pemimpin negara.

"Saya minta warga Jawa Barat dimanapun berada mendorong dan mendoakan kesuksesan Pak Emil menjadi Presiden Indonesia. Saya sebagai partner akan menjadi garda terdepan mendorong lahir batin mendukung pak Emil jadi presiden," kata Dia.

Di sisi lain, Uu pun menyebut dirinya siap maju untuk ke kursi Jabar satu jika Kang Emil bisa moncer di Pilpres.

"Beliau berhasil, saya siap menjadi Gubernur Jawa Barat, tetapi tetap meminta kepada masyarakat ikhtiar dan mendoakan, kita berusaha angkat tangan dan angkat kaki. Angkat tangan ikhtiar langit, angkat kaki ikhtiar bumi. Jangan ragukan kader Sunda pemimpin negara Indonesia," ucap Uu.

Ridwan Kamil Siap Nyapres di 2024

Sebelumnya Ridwan Kamil menyatakan telah berikhtiar dan siap lahir batin untuk maju di Pilpres 2024 mendatang. Dia masih memilih partai yang bakal mengusungnya.

"Lahir batin kan sudah siap (maju Pilpres). Masalah nanti warnanya (partai) apa, itu Allah yang tentukan," kata Ridwan Kamil setelah menghadiri sebuah acara di wilayah Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (18/1/2022) petang.

Ia menuturkan terus melakukan komunikasi dengan semua partai. Eks Wali Kota Bandung itu menyampaikan pilihan partainya akan disampaikan nanti.

"Yang saya pegang adalah pasti yang sangat konsisten memperjuangkan Pancasila. Tidak hanya di AD/ART. Semua di AD/ART-nya kan begitu (memperjuangkan Pancasila), tapi track record-nya pasti akan jadi dasar saya berlabuh," kata dia.

(yum/ern)