3.000 Dosis Vaksin Disebar untuk Pelajar SD di Pangandaran

Aldi Nur Fadillah - detikNews
Minggu, 23 Jan 2022 09:02 WIB
Vaksinasi Anak di Cirebon
Vaksinasi anak di Pangandaran. (Foto: Aldi Nur Fadillah/detikcom)
Pangandaran -

Badan Intelijen Negara (BIN) Jabar menggelar vaksinasi COVID-19 massal untuk pelajar sekolah dasar (SD) usia 6 tahun hingga 11 tahun di Pangandaran. Kepala BIN Jabar Brigjen TNI Deddy Agus Purwanto mengatakan kegiatan ini menargetkan 3.000 jiwa dengan dosis vaksin Sinovac dan Astrazeneca.

Vaksinasi dilakukan untuk mempercepat persentase 70 persen agar herd immunity dan memutus rantai penyebaran COVID-19 di kalangan pelajar. Target itu diharapkan bisa membantu pencapaian target daerah untuk melaksanakan PTM 100 persen

"Kita berkomitmen untuk membantu program pemerintah dengan melakukan vaksinasi terhadap para pelajar 6 sampai dengan 11 tahun yang saat ini sedang mempersiapkan pembelajaran tatap muka," kata Deddy kepada detikcom, Minggu (23/1/2022).

Kegiatan vaksinasi ini dilakukan untuk membantu para siswa SDN 4 Putrapinggan dan SDN 4 Tunggilis mendapatkan kesehatan komunal. Anak yang sudah divaksinasi mendapatkan makanan ringan dan nonton bareng serial kartun.

"Kedua sekolah ini menjadi sasaran terakhir setelah beberapa minggu safari ke SD se-Kabupaten Pangandaran," ucap Deddy.

Kepala Sekolah SD Negeri 4 Putrapinggan Samsu mengatakan orang tua siswa mendukung penuh kegiatan vaksinasi terpusat di sekolah. "Adanya bantuan vaksin dari BIN capaian sasaran anak pelajar di Pangandaran bisa terselesaikan capai 70 persen," ujar Samsu.

Arya Reza (8), siswa kelas 3 SDN 4 Putrapinggna mengatakan, awalnya takut menjalani vaksinasi. Sebab dia belum pernah disuntik.

"Tapi gak sakit, cuman kaya dicubit," ucap Reza.

Simak juga 'Epidemiolog Pastikan Vaksin Booster Mampu Tangkis Omicron':

[Gambas:Video 20detik]



(bbn/bbn)