Mandatorian Bikers Brotherhood 1% MC Indonesia Bersatu di Pantai Madasari

Aldi Nur Fadillah - detikNews
Sabtu, 22 Jan 2022 23:05 WIB
Bikers Brotherhood 1% MC Indonesia Satukan Anggota di Pantai Madasari Pangandaran
Foto: Aldi Nur Fadillah
Pangandaran -

Bikers Brotherhood 1% MC Indonesia menyatukan seluruh anggota dari Sabang sampai Merauke di pantai Madasari, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Pendiri Bikers Brotherhood Budi Dalton mengatakan event 5 tahunan tersebut merupakan mandatoriran. "Artinya kegiatan yang di mana dimandatkan setiap lima tahun sekali, salahsatunya merencanakan kegiatan selama lima tahun kedepan," kata Budi Dalton kepada detikcom di pantai Madasari, Sabtu (22/1/2022).

"Hari ini dari Sabang sampai Merauke semua berkumpul disini, bersilaturahmi dan mengeratkan persaudaraan kembali," ucapnya.

Budayawan Sunda tersebut menyampaikan, selain touring, Bikers Brotherhood juga melaksanakan National Conference. "Pada intinya komunitas ini tidak hanya touring saja, tapi ada acuan dan tujuan komunitas secara sosial," kata Budi.

Mandatorian di pantai Madasari ini merupakan ke-7 kalinya. Di sisi lain Budi Dalton juga ingin promosikan destinasi wisata, melakukan kegiatan sosial dan santunan.

"Kalau bisa setiap anggota bisa saling membantu dan yang sudah pulang dari touring di Pangandaran, mereka bisa mengenalkan destinasi wisata yang indah di tanah Pasundan ini," ucap Budi.

Bikers Brotherhood 1% MC Indonesia Satukan Anggota di Pantai Madasari PangandaranBikers Brotherhood 1% MC Indonesia Satukan Anggota di Pantai Madasari Pangandaran Foto: Aldi Nur Fadillah

Ratusan ribu anggota Bikers Brotherhood 1% MC Indonesia yang hadir kebanyakan membawa motor keluaran Amerika dan Inggris. "Hampir tidak ditemukan merk motor Jepang," kata Budi yang merupakan seorang dosen Universitas Pasundan.

Ia menyebutkan ada motor Norton Motorcycle, DKW, Harley Davidson, dan berbagai macam motor klasik lainnya.

Dalam kesempatan yang sama turut hadir Chef Juna sekaligus anggota Brotherhood yang sudah gabung sejak tahun 2014. "Ini acara keren banget, apalagi diselenggarakan tepat di pesisir pantai," kata Juna.

Menurut dia pantai Madasari sangat eksotik, event ini menghadap langsung Samudera Hindia. "Pertamaklinya bagi saya bisa menikmati senja secara langsung," ucapnya.

El Presidente Bikers Brotherhood 1% MC Pegi Diar menjelaskan, Mandatory ini bernama Sacred Run ini, merupakan kegiatan touring dan penyematan wings kehormatan bagi anggota yang telah menunggangi dengan syarat tertentu.

Sacred Run (Hari Sayap) diadakan setiap empat tahun sekali, dan terbuka untuk semua bikers.

"Ada lebih dari 1.000 bikers baik member kami dan club datang ke acara yang dianggap sakral oleh kami," katanya

(err/ern)