96 Warga Desa Sukamaju Lebak Keracunan Makanan

Fathul Rizkoh - detikNews
Sabtu, 22 Jan 2022 16:46 WIB
keracunan massal di lebak
Foto: istimewa
Lebak -

Sebanyak 96 warga Desa Sukamaju, Kecamatan Cijaku, Kabupaten Lebak diduga keracunan makanan. Puluhan warga itu keracunan usai menyantap makanan di acara selamatan ruko milik salah satu pengusaha di daerah itu.

Informasi yang dihimpun, selamatan itu berlangsung pada Jumat (21/1) sekitar pukul 16.00 WIB. Setalah acara selamatan, masing-masing warga diberi bingkisan makanan.

Warga lantas menyantap besek yang berisi daging sapi atau kerbau, mie, orek tempe, dan nasi. Menjelang malam, warga mulai merasakan pusing, mual dan diare.

"Yang dirasakan panas, kepala sakit kadang-kadang. Iya, setelah makan dari selamatan mulai merasakan mual dan diare," ujar salah satu warga Aan, Sabtu (22/1/2022).

"Di mam ku ieu (dimakan sama anak ini). Laju bae muriang (langsung aja sakit)," katanya.

Dikonfirmasi, Camat Cijaku Ali membenarkan adanya kasus keracunan yang dialami puluhan warga. Ia mendapat laporan dari kepala Puskesmas Cijaku.

"Awalnya datang beberapa warga ke Puskesmas dengan keluhan pusing, mual dan diare. Semakin malam, semakin banyak warga yang punya keluhan sama," katanya.

Menurut Ali, tercatat ada 96 orang yang mengalami keracunan makanan. Informasi terbaru, masih ada 44 orang korban keracunan yang masih mendapat perawatan intensif.

"96 orang semuanya. Informasi terbaru dari Kepala Puskesmas, ada 44 orang lagi yang masih dirawat, sisanya sudah dibolehkan pulang tadi pagi," ujarnya.

Untuk makanan penyebab keracunan warga, Ali mengaku masih dalam proses pemeriksaan oleh petugas. "Belum tau itu kabarnya. Masih proses pemeriksaan kayanya," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak, Triyatno Supiyono hingga saat ini belum bisa dikonfirmasi.

(ern/ern)