Puluhan Warga Tasikmalaya Keracunan Makanan, Satu Orang Meninggal

Deden Rahadian - detikNews
Sabtu, 22 Jan 2022 11:50 WIB
Ilustrasi jenazah
Ilustrasi (Foto: thinkstock)
Tasikmalaya -

Diduga keracunan makanan dari acara hajatan, puluhan warga di Desa Sodonghilir dan Desa Sukabakti, Kecamatan Sodonghilir, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat mengalami diare dan muntah. Bahkan, seorang diantaranya meninggal dunia dengan penyakit tambahan.

Dari informasi yang diperoleh, acara hajatan itu digelar Kamis (22/1/2022). Mereka mulai merasakan gejala diare keesokan harinya. Mereka langsung dilarikan ke Puskesmas Sodonghilir.

"Sebanyak 63 orang warga yang diduga keracunan makanan dari acara hajatan. Seorang di antaranya meninggal dunia."Kata Iptu Uu Mahtum, Kapolsek Sodonghilir di konfirmasi detik.com.

Korban rata rata alami gejaladiare, mual, nyeri ulu hati, muntah, pusing sertademam. Pihak Kecamatan masih melakukan pendataan jumlah warga yang mengkonsumsi makanan dari acara hajatan ini. Sampel makanan sudah diamankan untuk uji laboratorium.

"Sampel makanan sudah dibawa untuk uji laboratorium, " kata Uu Saeful Uyun, Camat Sodonghilir.

Saat ini yang dirawat 9 orang, satu orang meninggal dunia, dan sisanya rawat jalan.

Saat ini terus dilakukan pelacakan oleh tim medis seluruh pasien telah diperiksa dan diberikan obat, diambil sampel makanan untuk dilakukan pemeriksaan laboratorium penyebab keracunan . "Hasil Laboratorium diperkirakan akan keluar pada hari Senin mendatang," katanya.

(ern/ern)