Keseruan Vaksinasi Anak 6-11 Tahun di Ciamis, Sambil Wisata di Astana Gede

Dadang Hermansyah - detikNews
Sabtu, 22 Jan 2022 15:42 WIB
Vaksinasi anak di Ciamis, vaksin sambil diajak wisata
Foto: Dadang Hermansyah
Ciamis -

Berbagai cara dilakukan agar anak tertarik mengikuti vaksinasi Covid-19. Dalam gebyar vaksinasi di Ciamis, selain dapat makanan, anak yang telah divaksinasi diajak untuk berwisata di Situs Astana Gede Kawali, Sabtu (22/1/2022). Astana Gede merupakan tempat bersejarah peninggalan Kerajaan Galuh.

Gebyar vaksinasi ini digelar oleh Polres Ciamis, Dinas Pendidikan Ciamis, Kodim Ciamis dan instansi lainnya yang turut terlibat.

Supaya lebih menyenangkan, anak-anak pun dijemput dari sekolah menggunakan berbagai armada milik pemerintahan. Seperti mobil Dalmas Polres Ciamis, mobil TNI, mobil penanganan bencana BPBD Ciamis, ambulans, Bus Wisata Gatrik dan lainnya.

Di lokasi vaksinasi pun digelar berbagai hiburan kesenian. Anak-anak pun diajak bernyanyi di atas panggung. Bagi yang berani menunjukan keterampilannya seperti menyanyi mendapat hadiah dari Kapolres Ciamis AKBP Wahyu Broto Narsono Adhi.

Kegiatan ini berjalan meriah dan lancar. Antusiasme anak sangat tinggi mengikuti vaksinasi ini. Meski ada beberapa anak yang nangis karena takut disuntik. Namun setelah dibujuk akhirnya mau divaksinasi.

"Intinya sinkronisasi, antara kesehatan dan edukasi untuk anak. Dipilih disini (Astana Gede) untuk wisata pengetahuan sejarah. Ini kan sebagai tempat bersejarah tempat peninggalan kerajaan Galuh," ujar Kapolres Ciamis AKBP Wahyu Broto Narsono Adhi.

Kapolres menyebut vaksinasi di situs bersejarah ini untuk penguatan budaya lokal terhadap anak. Sehingga anak bisa lebih mencintai budaya dan sejarah sendiri.

"Di sini disediakan panggung dan diajarkan tampil di tempat umum. Vaksinasi jadi lebih ceria dan menyenangkan. Sengaja tidak memakai atribut pahlawan luar negeri karena kita kedepankan budaya lokal," ungkap Kapolres.

Sementara itu, sampai dengan saat ini capaian vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Ciamis sudah mencapai 78 persen. Pemkab Ciamis optimis vaksinasi bisa selesai di bulan Januari ini.

"Saat ini sudah 78 persen untuk vaksin anak. Sejauh ini pelaksanaan vaksiansi berjalan lancar semoga bisa sesuai target yang telah dijadwalkan. Vaksinasi di Astana Gede ini supaya anak-anak mengetahui dan memahami leluhurnya," kata Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra.

Fuji Febriyan, siswa kelas 3 SDN 1 Margamulya Kawali, mengaku tidak takut disuntik vaksinasi. Ia pun senang bisa mengikuti gebyar vaksinasi ini. "Seneng, habis divaksinasi langsung diajak kesini, lihat batu-batu. Ini tempat bersejarah," ucapnya.

(ern/ern)