Vaksinasi Anak di Bandung Barat Sulit Capai 100%, Ini Penyebabnya

Whisnu Pradana, Aldi Nur Fadillah - detikNews
Jumat, 21 Jan 2022 14:01 WIB
Ilustrasi Vaksinasi Anak
Foto: Ilustasi (detikcom).
Bandung Barat -

Capaian vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Kabupaten Bandung Barat (KBB) saat ini sudah mencapai 85 persen lebih. Namun terdapat kendala untuk memenuhi target 100 persen vaksinasi.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Bandung Barat Nurul Rasyihan mengatakan salah satu kendala yang dihadapi pihaknya yakni anak yang tidak terdata di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Dinas Pendidikan serta di Kementerian Agama (Kemenag).

"Jadi 154.008 anak sudah divaksinasi. Memang untuk mencapai 100 persen itu agak terkendala, karena ada 15 persen lagi atau sekitar 20 ribu anak yang tidak terdaftar di Dapodik dan Kemenag yang di pesantren atau madrasah. Termasuk yang home schooling," ungkap Nurul kepada detikcom, Jumat (21/1/2022).

Pihaknya mengaku sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial (Dinsos) Bandung Barat untuk mendata jumlah anak jalanan yang juga masuk ke dalam kategori sasaran vaksinasi.

"Kita juga koordinasi dengan dinsos, untuk menyisir anak-anak jalanan dan mereka yang enggak sekolah. Jadi memang percepatan vaksinasi sampai 100 persen ini banyak kendalanya," tutur Nurul.

Saat ini pihaknya berkoordinasi dengan Puskesmas dan perangkat desa untuk menyisir sasaran vaksinasi yang tak terdata di Dinas Pendidikan, Kemenag, hingga Dinas Sosial tersebut.

"Kita sudah koordinasi dengan Puskesmas, kemudian Puskesmas ke tingkat desa untuk menyisir anak-anak itu. Jadi butuh upaya yang lebih keras untuk mendata," ujar Nurul.

Sementara untuk anak yang sudah divaksinasiCOVID-19 dosis ke 2, jumlahnya baru 2,5 persen atau sekitar 4.500 anak. "Sekarang kita kebut terusvaksinasinya, bertahap untuk yang dosis 2. Kalau anak kan belum boleh mendapat booster," ucapNurul.