Ada Masjid Unik Mirip 'Bunga Mekar' di Majalengka, Ini Penampakannya

Bima Bagaskara - detikNews
Sabtu, 22 Jan 2022 08:08 WIB
Masjid Raharja Khoirul Ummah
Masjid Raharja Khoirul Ummah di Majalengka (Foto: Bima Bagaskara/detikcom)
Majalengka -

Pemkab Majalengka terus melakukan penataan ruang kota dengan program prioritas pembangunan berbagai fasilitas ruang publik. Yang terbaru, sejumlah ruang publik seperti taman sejarah hingga masjid berbentuk unik mirip kelopak bunga mekar diresmikan Bupati Majalengka Karna Sobahi.

Khusus untuk masjid dengan bentuk unik itu, lokasinya berada di kawasan Taman Bagja Raharja yang berada tak jauh dari Pendopo Bupati Majalengka. Masjid yang diberi nama Masjid Raharja Khoirul Ummah ini memiliki arsitektur yang futuristik dan modern.

Meski masjid ini tidak begitu besar namun bentuknya yang unik mampu menarik perhatian warga Majalengka. Tiap harinya tidak sedikit warga datang ke masjid ini untuk sekedar melihat bentuk bangunannya.

Kabid Tata Bangunan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Majalengka Mamat Surahmat menjelaskan Masjid Raharja Khoirul Ummah dibangun dengan mengusung konsep metafora.

"Gaya arsitektur masjid itu konsepnya metafora, jadi mengambil dari suatu bentuk. Jadi ini menyerupai kelopak bunga bentuk masjidnya," kata Mamat saat berbincang dengan detikcom, Jumat (21/1/2022).

Masjid Raharja Khoirul Ummah sendiri memiliki luas sekitar 208 meter persegi pada bagian dalamnya. Sementara untuk bagian luar, luas masjid ini sekitar 648 meter persegi. Masjid ini diperkirakan bisa menampung hingga 300 orang jamaah.

Masjid Raharja Khoirul UmmahMasjid Raharja Khoirul Ummah Foto: Bima Bagaskara/detikcom

Ia menerangkan alasan Madjid Raharja Khoirul Ummah dibuat sedemikian rupa merupakan arahan langsung dari Bupati Majalengka Karna Sobahi.

"Arahan dari pimpinan itu, jadi buat yang ikonik dan berbeda, karena itu lokasinya juga di taman jadi supaya tidak terlalu membosankan dilihatnya jadi menarik. Tapi tetap tidak keluar pakem sebuah masjid," jelasnya.

Selain Masjid Raharja Khoirul Ummah, yang menarik lainnya adalah kawasan Taman Bagja Raharja. Di taman ini terdapat beberapa fasilitas seperti gerai UMKM hingga lapangan futsal.

Warga Majalengka dibebaskan untuk menikmati fasilitas yang dibuat dengan anggaran sekitar Rp 11 miliar ini. "Ada juga gerai UMKM dan lapangan futsal. Gratis untuk warga Majalengka kalau mau main futsal disini," tutup Mamat.

Tonton juga Video: Momen Warga Bongkar Atap Masjid di Bima Gegara Dinilai Mirip Gereja

[Gambas:Video 20detik]



(yum/bbn)