Warga Dikagetkan Penemuan Bom Mortir di Lembang

Whisnu Pradana - detikNews
Jumat, 21 Jan 2022 20:31 WIB
Penemuan mortir di Langensari, Lembang, Bandung Barat
Penemuan mortir di Langensari, Lembang, Bandung Barat (Foto: istimewa)
Bandung -

Warga Kampung Nyampai RT 03 RW 15 Desa Langensari, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) dikagetkan dengan penemuan mortir pada Kamis (20/1/2022) sore.

Kapolsek Lembang Kompol Sarce Christiaty Leodima mengatakan, mortir tersebut ditemukan oleh warga yang sedang menggali tanah untuk membuat pondasi rumah.

"Penemuan itu berawal saat warga mencangkul tanah untuk pondasi pada Kamis sore, kemudian menemukan sebuah benda yang diduga mortir. Tapi karena belum disadari, akhirnya benda itu dibiarkan tergeletak sampai keesokan harinya," ungkap Sarce saat dihubungi detikcom, Jumat (21/1/2022).

Sarce mengatakan barulah pada Jumat pagi, pemilik lahan dan warga mengecek lagi benda yang ditemukan sehari sebelumnya. Mereka memindahkan benda tersebut sampai akhirnya menyadari jika benda dengan panjang 20 cm dan berat 2 kilogram itu merupakan mortir.

"Baru pada Jumat pagi disadari benda itu mortir. Kemudian temuan itu dilaporkan ke RT dan pihak kepolisian," kata Sarce.

Setelah menerima laporan terkait penemuan mortir tersebut, pihaknya kemudian mengecek lokasi penemuan untuk selanjutnya melakukan sterilisasi.

"Kami kemudian berkoordinasi dengan Polres Cimahi dan Brimob Polda Jabar. Untuk lokasi penemuan juga langsung disterilisasi," kata Sarce.

Mortir tersebut kemudian diamankan Unit Gegana Brimob Polda Jabar agar tak membahayakan warga di lokasi penemuan. "Untuk mortirnya langsung diamankan Tim Jibom Polda Jabar dengan pengawalan dari pihak kepolisian," ujar Sarce.

Pihaknya mengingatkan masyarakat bila di lain waktu menemukan benda serupa dan dicurigai sebagai benda berbahaya agar segera dilaporkan ke RT, RW, aparat desa, maupun pihak berwajib.

"Apabila menemukan benda yang belum diketahui jenisnya, apalagi bahan peledak bisa hubungi pihak berwenang untuk kemudian ditindaklanjuti," tutur Sarce.

Lihat juga video 'Fakta-fakta Terkait Ledakan Maut di Pandeglang':

[Gambas:Video 20detik]



(yum/bbn)