Keren! Kodim 0617 Majalengka Buat Cairan Penghemat BBM

Bima Bagaskara - detikNews
Jumat, 21 Jan 2022 17:52 WIB
Dandim 0617 Majalengka Letkol Inf Andik Siswanto membuat inovasi berupa cairan penghemat bahan bakar minyak (BBM). Penghemat BBM ini dibuat dengan sereh wangi dan diklaim mampu menghemat BBM kendaraan hingga 50 persen.
Dandim 0617 Majalengka Letkol Inf Andik Siswanto membuat inovasi berupa cairan penghemat bahan bakar minyak (BBM). Penghemat BBM ini dibuat dengan sereh wangi dan diklaim mampu menghemat BBM kendaraan hingga 50 persen. (Foto: Bima Bagaskara/detikcom)
Majalengka -

Dandim 0617 Majalengka Letkol Inf Andik Siswanto membuat inovasi berupa cairan penghemat bahan bakar minyak (BBM). Penghemat BBM ini dibuat dengan sereh wangi dan diklaim mampu menghemat BBM kendaraan hingga 50 persen.

Andik menerangkan dibuatnya cairan penghemat BBM yang diberi nama AMR (Aku Mohon Restu) berawal dari adanya keluhan para nelayan di wilayah pesisir Karawang yang seringkali tidak kebagian pasokan BBM untuk mencari ikan.

"Saat itu saya mendengar informasi bahwa di Karawang pesisir ada nelayan yang mengeluhkan masalah BBM yang tidak terpenuhi untuk berlayar," kata Andik saat mengunjungi sekretariat PWI Majalengka, Jumat (21/1/2022).

Dari keluhan para nelayan itulah kemudian muncul ide untuk memberikan solusi dengan membuat sesuatu yang bisa menghemat BBM.

"Di situ kami muncul ide bagaimana caranya memberikan solusi bagi mereka. Kebetulan kami punya program Sereh Wangi Sugih Mukti yang salah satunya produknya adalah minyak sereh wangi," ujarnya.

Dandim 0617 Majalengka Letkol Inf Andik Siswanto membuat inovasi berupa cairan penghemat bahan bakar minyak (BBM). Penghemat BBM ini dibuat dengan sereh wangi dan diklaim mampu menghemat BBM kendaraan hingga 50 persen.Dandim 0617 Majalengka Letkol Inf Andik Siswanto membuat inovasi berupa cairan penghemat bahan bakar minyak (BBM). Foto: Bima Bagaskara/detikcom

"Kemudian coba kita olah dan ternyata ditemukan formula penghemat BBM yang salah satu bahan bakunya dari minyak sereh wangi itu," ucap Andik menambahkan.

Untuk penggunaannya, dua tetes cairan AMR harus dicampurkan dengan satu liter BBM. Selain menghemat BBM, cairan AMR itu juga dapat membuat mesin kendaraan menjadi halus dan menambah akselerasi.

Menurutnya cairan penghemat BBM tersebut telah diujicobakan ke beberapa pengendara termasuk para anggota Babinsa yang sehari-hari memiliki mobilitas tinggi dengan menggunakan sepeda motor.

"Ini sudah hampir 3 minggu berjalan dicoba ke sepeda motor ke mobil dan hasilnya cukup signifikan menghemat BBM antara 50 persen dan di mesin terasa lebih halus, tarikan motor mobil lebar terasa," ujarnya.

Meski telah diujicoba namun cairan penghemat BBM tersebut belum diproduksi secara massal. Andik masih menunggu respon dari masyarakat yang telah mecoba menggunakan cairan AMR buatan tim dari Kodim 0617 Majalengka itu.

"Produksi sudah berjalan di Majalengka tapi baru ujicoba dan untuk kalangan sendiri dulu, sebagian masyarakat sudah dicoba termasuk anggota kami para Babinsa yang mobilitasnya tinggi," kata Andik.

(yum/bbn)