Pelaku Vandalisme Ditangkap, Plt Walkot Bandung Minta Jaga Keindahan Kota

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 21 Jan 2022 16:56 WIB
Pemkot Bandung pasang spanduk di Jalan Siliwangi yang berisi foto pelaku vandalisme. Spanduk dipasang setelah tembok di jalan itu kerap jadi sasaran vandalisme.
Foto: Pemkot Bandung sempat menggelar sayembara untuk menangka pelaku vandalisme di Jalan Siliwangi (Wisma Putra/detikcom).
Bandung -

Polisi menangkap satu orang pelaku vandalisme di Bandung. Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyebut penangkapan itu untuk membuat efek jera.

"Kita imbau jaga apa yang sudah kita lakukan untuk keindahan kota ini," ucap Yana dalam keterangan yang diterima, Jumat (21/1/2022).

Aksi vandalisme sendiri diketahui terjadi di Jalan Babakan Siliwangi. Aksi pelaku terekam CCTV hingga Pemkot melakukan pencarian berminggu-minggu bahkan membuat sayembara berhadiah Rp 10 juta.

Pencarian pemkot berujung ditangkapnya salah satu pelaku berinisial BPN (19). Pelaku di tangkap di kediamannya kemarin. Dari hasil pemeriksaan, pelaku berperan sebagai joki motor. Kepada polisi, pelaku menyebut aksinya itu hanya untuk iseng.

Camat Coblong Krinda Hamidi Praja menambahkan agar pelaku dikenai hukuman sesuai aturan. Pasalnya, mereka melakukan aksi vandalisme pada fasilitas Kota Bandung.

"Sudah ada dua daerah yang dicoret-coret fasilitasnya, yakni di Cikapayang dan Babakan Siliwangi. Bandung ini dijaganya ya oleh kita-kita juga. Kita kan inginnya Bandung itu aman, tenteram, dan indah. Ya semoga jadi ada efek jeranya untuk para pelaku," tuturnya.

Seperti diketahui, Pemkot Bandung mencari pelaku vandalisme yang mencoret-coret mural di dinding Jalan Babakan Siliwangi. Aksi pelaku terekam CCTV.

Beberapa hari berlalu, pelaku belum juga ditemukan. Pemkot bahkan menggelar sayembara untuk menemukan pelaku.

Tidak tanggung-tanggung hadiah dengan total uang Rp 10 juta disiapkan kepada siapa saja yang berhasil menemukan pelaku vandalisme.

Kadiskominfo Yayan Ahmad Berliyana menyatakan bakal memberikan Rp 5 juta bagi warga yang mengetahui keberadaan pelaku vandalisme di Jalan Siliwangi.

"Saya juga Rp 5 juta lagi dari Diskominfo," ujar Yayan.

Kasatpol PP Kota Bandung Rasdian menambahkan Camat Cicendo telah mengumumkan akan memberi hadiah Rp 5 juta bagi yang menemukan pelaku vandalisme. Sehingga total uang hadiah untuk pihak yang berhasil menemukan pelaku vandalisme sebesar Rp 10 juta.

"Camat Cicendo dia sudah mengumumkan, siapa yang dapat menangkap bisa dapat lima juta," kata Kasatpol PP Kota Bandung Rasdian.

Simak video 'Penampakan Baliho di Kota Bandung yang Tampilkan Foto Pelaku Vandalisme':

[Gambas:Video 20detik]



(dir/mso)