Pelaku Vandalisme di Baksil Bandung Ditangkap, Polisi: Motifnya Iseng

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 21 Jan 2022 15:55 WIB
Pelaku Vandalisme di Bandung
Foto: Aksi vandalisme di Bandung terekam CCTV (Wisma Putra/detikcom).
Bandung -

Polisi meringkus pelaku vandalisme di Jalan Babakan Siliwangi Bandung. Pelaku mengaku iseng mecoret-coret tembok penahan tanah (TPT).

Pengakuan itu diungkapkan pelaku berinisial BPN (19) kepada polisi saat diinterogasi. Adapun BPN diamankan polisi kemarin malam.

"Dari hasil interogasi, motif pencoretan tersebut adalah iseng," ucap Kanit Reskrim Polsek Coblong Iptu Sudar dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (21/1/2022).

Penangkapan terhadap BPN itu dilakukan dari hasil penyelidikan selama dua pekan. Polisi kemudian mendapati identitas pelaku dan berhasil mengamankannya.

"Sejak dua pekan lalu, tim kami melakukan penyelidikan. Dimulai dengan mencari plat nomor motornya. Setelah itu, kami mencari alamatnya. Kami juga melakukan pelacakan sampai akhirnya menemukan keberadaan terlapor di daerah Pasirimpun," katanya.

Menurut Sudar, saat beraksi melakukan vandalisme, pelaku berperan sebagai sopir kendaraan roda dua. Adapun satu orang lagi yang berperan sebagai pencoret tembok masih dalam pencarian.

"Terlapor ini yang mengemudikan motor. Dia juga sempat mencoret tembok dengan pilox putih bertuliskan 'GONB'. Sedangkan, pelaku lainnya juga menggunakan pilox putih, tapi tidak terlalu jelas keterbacaannya," katanya.

Atas perbuatannya, pelaku dianggap melanggar pasal 406 jo 489 KUHPidana jo UU No. 9 tahun 2019 tentang Ketertiban Umum, Ketenteraman dan Perlindungan Masyarakat dengan ancaman hukuman 2 tahun 8 bulan.

Sebelumnya, Pemkot Bandung tengah mencari pelaku vandalisme yang mencoret-coret mural di dinding Jalan Babakan Siliwangi. Aksi pelaku terekam CCTV.

Beberapa hari berlalu, bahkan Pemkot Bandung menggelar sayembara untuk memburu pelaku. Tidak tanggung-tanggung hadiah dengan total uang Rp 10 juta disiapkan kepada siapa saja yang berhasil menemukan pelaku vandalisme.

Kadiskominfo Yayan Ahmad Berliyana menyatakan bakal memberikan Rp 5 juta bagi warga yang mengetahui keberadaan pelaku vandalisme di Jalan Siliwangi.

"Saya juga Rp 5 juta lagi dari Diskominfo," ujar Yayan.

Kasatpol PP Kota Bandung Rasdian menambahkan Camat Cicendo telah mengumumkan akan memberi hadiah Rp 5 juta bagi yang menemukan pelaku vandalisme. Sehingga total uang hadiah untuk pihak yang berhasil menemukan pelaku vandalisme sebesar Rp 10 juta.

"Camat Cicendo dia sudah mengumumkan, siapa yang dapat menangkap bisa dapat lima juta," kata Kasatpol PP Kota Bandung Rasdian.

(dir/mso)