Saluran Air Tersumbat, Ratusan Rumah di Pandeglang Terendam Banjir

Rifat Alhamidi - detikNews
Kamis, 20 Jan 2022 17:20 WIB
Banjir Pandeglang
Foto: Banjir Pandeglang (Istimewa).
Pandeglang -

Ratusan rumah di wilayah pesisir Pandeglang, Banten tepatnya di Desa Citeureup, Kecamatan Panimbang terendam banjir. Air meluap diduga akibat saluran air di daerah tersebut tersumbat.

Informasi yang dihimpun, banjir menerjang pemukiman warga di wilayah ini mulai pukul 03.00 WIB. Hingga pukul 07.00 WIB, luapan air makin parah bahkan melebar hingga ke jalan raya dengan ketinggian hampir sepinggang orang dewasa.

"Banjirnya mau sepinggang kang, nyampe ke jalan itu airnya. Pokoknya tadi pagi enggak pada bisa lewat kendaraan mah," kata Uup warga setempat saat dihubungi via telepon di Pandeglang, Banten, Kamis (20/1/2022).

Banjir meluap juga diduga akibat saluran air yang ada di bahu jalan tersumbat. Warga menyebut keberadaan bangunan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (Sutet) di sana menjadi pemicu saluran air menjadi tersumbat.

"Soalnya sebelum ada Sutet, memang di sini suka banjir. Tapi setelah ada Sutet banjirnya semakin parah. Apalagi rumahnya yang dekat Sutet pasti terendam, karena aliran airnya tidak jalan," ungkapnya.

Terpisah, Kepala Desa Citeureup Oman Suherman merinci rumah yang terendam banjir di desanya mencapai 364 unit. Rinciannya, 120 di Kampung Reunghas, 87 di Kampung Karet, 45 rumah di Kampung Babakan Tengah, 89 di Kampung Sukamaju dan 23 rumah di Kampung Lebak Buah.

"Ada ratusan rumah yang terendam, sudah kami data dan akan dilaporkan ke dinas terkait," terangnya.

Namun, Oman memastikan saat ini luapan air di desanya sudah surut. Warga yang rumahnya terendam pun sudah beraktivitas kembali seperti biasa.

"Tadi siang sebelum zuhur udah surut lagi airnya, sudah normal. Banjir yang di jalan raya juga sudah surut, sudah bisa dilintasi sekarang sama kendaraan," pungkasnya.

(mso/mso)