Sindir Arteria Dahlan, Epy Kusnandar Cari Guru Les Bahasa Sunda

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Kamis, 20 Jan 2022 12:02 WIB
Epy Kusnandar
Foto: Epy Kusnandar (Pingkan/detikHOT)
Bandung -

Ucapan Arteria Dahlan soal copot Kajati bicara Bahasa Sunda menuai kontra dari berbagai elemen masyarakat. Bahkan aktor Epy Kusnandar mau mencarikan politisi PDIP itu guru les khusus Bahasa Sunda.

Hal itu diungkapkan pemeran Kang Mus di serial 'Preman Pensiun' dalam video yang diunggah ke akun Instagram pribadinya pada Kamis (20/1/2022). Epy mengambil video tersebut saat berada di dalam mobil. Terlihat Epy seolah menelepon seseorang dalam videonya itu.

"Untuk menghindari perang antar suku dan bikin malu bangsa Indonesia, tolong cariin guru Bahasa Sunda, suruh Pak Arteria Dahlan itu les Bahasa Sunda dari dasar," ucap Epy dalam video tersebut.

Epy juga menjelaskan alasan mencari guru les Bahasa Sunda untuk Arteria. Menurut dia, dicarikannya guru Bahasa Sunda itu agar Arteria paham Bahasa Sunda.

"Supaya dia tidak takut orang ngomong Bahasa Sunda. Dari pada seluruh orang Sunda ngomong Bahasa Sunda maki-maki Bahasa Sunda yang tidak dimengerti Pak Arteria Dahlan," tutur Eppy.

"Ada yang mau nyantet, neluh, mendingan supaya ketakutannya hilang dan menjadi lemah lembut, someah, tidak arogan, sudah cari saja guru Bahasa Sunda ya. Ibu Sopiah ada tuh guru SD saya, oke ya itu saja," kata Epy menambahkan.

Tak hanya Epy, Andra Manihot pemeran Dikdik di serial yang sama juga mengungkapkan responsnya. Dikdik justru mewanti-wanti agar Arteria Dahlan tak makan makanan khas Sunda.

"Jangan sampai Bapak Arteria Dahlan yang terhormat makan liwet ataupun ranginang," kata dia.

Sebelumnya, saat rapat kerja bersama Jaksa Agung ST Burhanuddin, Senin (17/1), Arteria meminta jajaran Kejaksaan Agung bersikap profesional dalam bekerja. Arteria lantas menyinggung seorang kepala kejaksaan tinggi yang menggunakan bahasa Sunda ketika rapat kerja. Dia meminta Jaksa Agung (JA) ST Burhanuddin memecat kajati tersebut.

"Ada kritik sedikit, Pak JA. Ada kajati yang dalam rapat dan dalam raker itu ngomong pakai Bahasa Sunda, ganti, Pak, itu," katanya.

Simak Video 'Gelombang Protes Kepada Arteria Dahlan Gegara 'Kajati Bicara Sunda'':

[Gambas:Video 20detik]




(dir/mso)