Masyarakat Pakuan Pajajaran Desak Megawati Pecat Arteria Dahlan

M. Sholihin - detikNews
Kamis, 20 Jan 2022 10:00 WIB
Arteria Dahlan
Arteria Dahlan (Foto: Mochamad Solehudin/detikcom)
Bogor -

Kecaman kepada Arteria Dahlan yang meminta Kajati diberhentikan karena menggunakan bahasa Sunda datang dari Jaringan Advokasi Masyarakat Pakuan Pajajaran (JPP) Bogor. Mereka mendesak anggota DPR RI tersebut meminta maaf dan menuntut Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memberhentikan Arteria dari keanggotaan partai.

"Kami menuntut ketua umum PDIP segera memecat yang bersangkutan jika masih ingin memiliki suara di Jabar (Jawa Barat). Ini juga menyangkut harga diri masyarakat Sunda, kami mendesak Arteria Dahlan segera meminta maaf secara terbuka," ucap Ketua JPP Bogor Saleh Nurangga, Kamis (20/1/2022).

Saleh menyebut, pernyataan Arteria Dahlan itu merupakan bentuk arogansi dan menyudutkan orang Sunda. "Saya berharap, beliau meminta maaf atas pernyataannya kepada masyarakat Sunda," ucapnya.

"Perlu diingat, kita beraneka ragam bahasa dan mereka adalah wakil rakyat yang mewakili masing-masing daerah, tentunya dengan berbagai bahasa. Jadi, tolong hargai perbedaan yang ada ini," tutur Saleh menegaskan.

Arteria Persilakan Lapor MKD

Anggota Komisi III DPR RI Fraksi PDIP Arteria Dahlan mempersilakan pihak yang berkeberatan atas pernyataan kontroversialnya melapor ke MKD DPR RI.

"Kalau saya salah, kan jelas mekanismenya ada MKD, apakah pernyataan salah. Kita ini demokrasi, silakan kalau kurang berkenan dengan pernyataan saya, silakan saja (laporkan)," kata Arteria kepada wartawan di gedung MPR/DPR, Rabu (19/1).

Dia menekankan tidak bermaksud mendiskreditkan masyarakat Sunda berkaitan dengan pernyataannya. Arteria menyebut pernyataannya itu disampaikan agar tidak ada kelompok Sunda Empire di lingkungan internal Kejaksaan Agung.

Arteria Dahlan mengaku hanya menyampaikan kegusarannya terkait adanya satu hingga dua jaksa yang justru berusaha menunjukkan kedekatannya dengan cara-cara berbahasa Sunda. Dia minta agar video dirinya dalam rapat Komisi III DPR bersama Jaksa Agung dicermati secara utuh.

Simak Video: Gelombang Protes Kepada Arteria Dahlan Gegara 'Kajati Bicara Sunda'

[Gambas:Video 20detik]



(bbn/bbn)