Tinjau Korban Gempa Banten, Ma'ruf Tawari Warga Relokasi ke Tempat Aman

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Kamis, 20 Jan 2022 11:36 WIB
Pandeglang -

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin meninjau korban gempa Banten di Kecamatan Munjul, Kabupaten Pandeglang. Dia juga melihat sejumlah rumah warga yang mengalami rusak berat akibat gempa berkekuatan magnitudo 6,6.

Ma'ruf datang didampingi oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini, Kepala BNPB Mayjen Suharyanto, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy dan Bupati Pandeglang Irna Narulita.

Pantauan detikcom, Kamis (20/1/2022) sekitar pukul 09.45 WIB, Ma'ruf meninjau rumah warga yang mengalami rusak berat di Kampung Cibeulah. Dia sempat berbincang dengan anak-anak dan warga korban gempa.

"Mau jadi apa kalau besar, waktu kejadian ada di rumah? Nggak ada yang luka?" tanya Ma'ruf ke salah satu warga, Kamis (20/1/2022).

"Nggak ada," jawab warga.

"Nggak ada, Alhamdulilah. Bapak ibu juga, Alhamdulillah selamat," ucap warga menambahkan.

Ma'ruf kemudian memberikan bantuan ke warga yang terdampak gempa. Selain itu, dia juga menawarkan apakah warga mau direlokasi ke lokasi aman atau mau rumahnya yang rusak untuk dibangun.

"Apakah mau dipindah apa dibangun. (Ke lokasi) aman tapi bisa tetap cari nafkah. Nanti kalau di sini nggak tenang terus," ujarnya.

Menurut Ma'ruf jika pindah warga tidak akan merasa was-was saat terjadi gempa atau bencana lainnya. "Kalau nanti misalnya dipindahin mau? Sekampung supaya tidak (was-was), takut nanti was-was terus. Kalau nanti kan bisa tenang," ucapnya.

Usai meninjau desa terdampak gempa di Pandeglang, Wapres Ma'ruf Amin rencananya akan bertemu dengan Gubernur Banten Wahidin Halim dan bupati/wali kota se-Banten. Dia akan membahas mengenai penyelenggaraan mal pelayanan public dan pemberdayaan UMKM.

(bri/mso)