Canggih! Taman Tegalega Bandung Dipasangi Saung Tenaga Surya

Wisma Putra - detikNews
Rabu, 19 Jan 2022 16:56 WIB
Saung tenaga surya di Taman Tegalega, Kota Bandung
Saung tenaga surya di Taman Tegalega, Kota Bandung (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Bandung -

Dua saung tenaga surya dipasang di Lapangan Tegalega, Kota Bandung pada Rabu (19/1/2022). Saung-saung ini berfungsi untuk mengisi daya laptop dan ponsel selain digunakan tempat untuk berteduh.

Plt Walikota Bandung Yana Mulyana mengatakan, saung-saung berbasis energi matahari ini akan ditempatkan di sejumlah taman di Kota Bandung. Ia menyebut Pemkot Bandung menerima bantuan CSR dari PT Len Industri sebanyak 10 saung tenaga surya.

"Sebetulnya ada 10 saung tenaga surya, di sini bakal ada lima, baru terpasang dua. Sisanya di beberapa ruang publik lainnya," kata Yana di Tegalega,

"PT Len sebagai salah satu industri pertahanan mengembangkan teknologi yang bisa langsung diaplikasikan di masyarakat dan bekerjasama dengan Pemkot Bandung. Mengapresiasi lah ya, terimakasih," ujar Yana menambahkan.

Ia pun berharap agar masyarakat bisa turut menjaga dan merawat saung canggih tersebut. Rencananya dalam waktu dekat ini, saung tersebut akan ditempatkan di Taman Alun-alun Bandung dan Taman Dewi Sartika.

"Nanti tahap berikutnya kita coba di ruang publik lain, karena ini perlu kita jaga juga, karena ini harus ditempatkan ada pengawasan dan dipelihara oleh masyarakat juga," tuturnya.

SDM PT Len Indarto Pamoengkas mengatakan, produk dari PT Len ini langsung diimplementasikan di masyarakat.

"Kami dari PT Len, kami kembangkan terus teknologi, temuan tersebut Kota kerjasamakan dengan Pemkot Bandung agar masyarakat turut menikmati teknologi yang kita buat saung tenaga surya," ujarnya.

Keberadaan saung tenaga surya ini, dibuat untuk mendukung Program Caang Baranang.

"Kita dukung Pemkot Bandung, kita wujudkan dalam bentuk saung yang merupakan karya dan budaya di Kota Bandung, kemudian kita punya teknologi tenaga surya dan kita gabungkan jadi saung tenaga surya dan kita dedikasikan untuk Pemerintah Kota Bandung canangkan Program Caang Baranang," ujar Indarto.

(yum/bbn)